Sleman – Guna memberikan pemahaman kepada para anggota FORANS (Forum Anak Sleman) tentang pemenuhan hak-hak anak, Dinas P3AP2KB mengadakan Pelatihan Konvensi Hak Anak selama dua hari yang diselenggarakan pada hari Sabtu (10/2) dan Minggu (11/2) di hotel Savita Garden Inn, Palagan, Sleman, Yogyakarta.

Acara ini dihadiri oleh 30 peserta Forum Anak Kabupaten Sleman (FORANS) Tahun 2018 dan 17 anak FORANS dari perwakilan inti ditiap kecamatan di Sleman.

Narasumber pelatihan ini berasal dari tim dari Lembaga Studi Pemberdayaan Perempuan dan Anak (LSPPA) Yogyakarta

Menurut Dinas P3AP2KB, Pelatihan Konvensi Hak Anak ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para anggota FORANS untuk menjadi pelapor dan pelopor dalam perlindungan pemenuhan hak anak di Sleman sesuai dengan tupoksi Forum Anak dalam Peraturan Kementrian Perempuan dan Perlindungan Anak.

Budiyanti Ningsih selaku Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak Dinas P3AP2KB, menyampaikan bahwa anak-anak diharapkan dapat menemukan dan mengenali permasalahan-permasalahan mengenai pemenuhan dan perlindungan hak anak dan mengidentifikasi persoalan yang terjadi pada anak-anak yang kurang beruntung di lingkungannya.

“Setelah ia mengindentifikasi, harapan kami anak-anak ini (FORANS) dapat melaporkan kepada instansi terkait, mengenai pemenuhan hak anak,” tuturnya.

Dalam pidatonya, Budiyanti juga menekankan tentang tugas pokok dari FORANS bahwa mereka sebagai pelapor dan pelopor apabila terdapat permasalahan yang menyangkut hak anak di lingkungan sekitar mereka.

“Jadi anak-anak tidak berhak untuk men-judge atau memberikan punishment, tapi kalian harus bisa lebih responsif terhadap lingkungan sekitarnya. Anak-anak adalah generasi penerus. Harapannya dapat mempelopori anak-anak sekitarnya, misalnya mengajak teman-teman kalian untuk menjadi kepribadian yang sukses, kalian juga tidak boleh menjadi pelaku dalam hal negatif tersebut,” tambah Budiyanti.

Menurut Lita, sebagai anggota FORANS, merasa sangat beruntung telah menjadi anggota dalam Forum Anak Sleman. Ia mendapatkan banyak manfaat dan pengetahuan yang baru dan memiliki kesempatan sebagai pelapor dan pelopor di sekitar rumahnya.

“Sangat senang sekali telah menjadi bagian dari FORANS ini karena saya dapat banyak manfaat dan bisa menambah motivasi saya dalam belajar banyak hal, belajar lebih responsif, dan tanggap,” imbuhnya. (Putri Zakia)

Print Friendly, PDF & Email