Depok – Kejujuran harus ditanamkan kepada anak sejak usia dini dengan cara dan metode yang sesuai dengan usia pertumbuhan anak. Hal ini mesti dilakukan secara berkesinambungan oleh berbagai komponen masyarakat, terutama dimulai dari keluarga dan lembaga pendidikan anak usia dini, tak hanya terpusat di satu daerah tapi serentak di seluruh Indonesia.

Melalui Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur (GERNAS MANJUR) II inilah Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kecamatan Depok melaksanakan Seminar Parenting tentang Pembelajaran Aku Anak Jujur pada Sabtu (20/5) bertempat di Taman Ramah Anak Halaman Kantor Kecamatan Depok.

Seminar Parenting dibuka oleh Camat Depok, Drs. H. Budiharjo, MSi, diikuti segenap pengurus dan anggota HIMPAUDI Kecamatan Depok, Komite Lembaga PAUD, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Depok.

Seminar Parenting yang sekaligus dalam rangka keikutsertaan dalam GERNAS MANJUR II ini, menghadirkan Psikolog Puskesmas Depok 3, Jatu Anggraeni, SPsi, MPsi sebagai narasumber utama.

Menurut Jatu, cara mendidik kejujuran terhadap anak berbeda dengan cara yang diterapkan kepada orang dewasa. Tanamkan kejujuran agar membekas dalam ingatannya dan berikan contoh yang sederhana tetapi berkesinambungan dalam kehidupan sehari-hari.

“Terutama dilingkungan keluarga dan sekolah,” kata Jatu.

Peran serta Kecamatan Depok untuk mengajak orang tua  mendampingi tumbuh kembang anak ini sangat kentara terlihat. Terbukti pada 2016 lalu, Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini se-Kecamatan Depok telah meraih juara tingkat nasional pada lomba yang diinisiasi oleh KPK, Kemendikbud, dan Organisasi Istri Menteri Kabinet RI.

Print Friendly, PDF & Email