Sleman – Wakil Bupati Sleman, Sri Mulimatun resmi membuka acara Diklat Pimpinan Badan Kordinasi TKA – TPA Sleman di Gedung DPRD Sleman, Minggu (11/2). Badan Koordinasi Taman Kanak-Kanak Al-Quran (TKA) dan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) merupakan lembaga yang menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran Islam.

Sri muslimatun menyampaikan kepengurusan yang baik mampu melahirkan anak – anak generasi Qurani.

“Keberadan TKA-TPA mempunyai potensi strategis menanamkan akhlak mulia pada anak – anak, diharapkan tidak hanya sekedar membacakan Al-Quran tetapi dapat menanamkan nilai – nilai Al-Quran” kata Sri Muslimatun.

Selain itu, Sri Muslimatun menambahkan pimpinan merupakan salah satu upaya positif untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan pengurus BADKO TKA – TPA di Kabupaten Sleman.

“Setiap pengurus BADKO tentu memiliki pengalaman yang berbeda- beda dalam mengelola TKA – TPA sehingga dengan bertukar pengalaman diharapkan dapat menambah wawasan bagi yang lain” kata Sri.

Sedangkan Ketua Panitia BADKO TPA – TKA, Aris Susanto menjelaskan bahwa tingkat perkembangan pendidikan TKA – TPA di Kabupaten Sleman terus berkembang secara kualitas dibuktikan sampai saat ini telah berhasil meraih prestasi dalam kejuaraan ditingkat provinsi ataupun nasional.

“Pada tahun 2017 kafilah MTQ MBS baik SMP dan SMA yogtakarta berhasil meraih juara umum  dan bergabung bersama kabupaten kota lain kita berkompetisi di tingkat nasional menjadi DIY meraih juara umum ke-2 nasional” kata aris dalam laporannya.

Berdasarkan Instruksi Bupati Kepala Daerah tingkat II Sleman No. 2/INSTR/KDH/1994 tentang Peningkatan Gerakan Baca Tulis Alquran bagi umat Islam di Kabupaten Sleman.

“Dengan demikian kompeten ustadz dan ustadzah pengurus rayon daerah dalam pengelolaannya perlu ditingkatkan sehingga diklat pimpinan dibutuhkan” kata Aris.

Pada kegiatan Diklat kali ini dengan Materi utama yaitu kepemimpinan dan motivasi organisasi, tata organisasi BADKO dan penyusuna program TKA – TPA, dan problem solving.

Print Friendly, PDF & Email