Turi – Senin (12/3), Warga Dusun Wonosari belajar membuat keset yang berbahan dasar biji salak. Kegiatan ini diadakan oleh Warga Wonosari bekerja sama dengan mahasiswa UPN Yogyakarta yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Dusun Wonosari, Bangunkerto, Turi. Selama satu bulan dimulai dari tanggal 15 Februari sampai tanggal 15 Maret 2018, sebanyak sembilan mahasiswa UPN Yogyakarta menginap di rumah warga.

Selama berada di Dusun Wonosari banyak program dan kegiatan yang dilaksanakan, salah satunya adalah memberikan pelatihan cara membuat keset dari biji salak. Pelatihan diselenggarakan di rumah Suharman, warga Dusun Wonosari.  Pelatihan diikuti dengan antusias oleh ibu-ibu di Dusun Wonosari yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT).

Biji salak dipilih sebagai bahan dasar karena melihat potensi biji salak sangat melimpah dan belum dimanfaatkan oleh masyarakat. Pelatihan ini merupakan kegiatan pelatihan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, selain bahannya melimpah, cara pembuatannya pun sangat mudah.

Pelatihan ini nantinya diharapkan dapat menambah keterampilan bagi masyarakat di Dusun Wonosari khususnya. Sebab, hasil kerajinan keset ini selain digunakan sendiri juga bisa dipasarkan sehingga dapat menambah penghasilan masyarakat. (Harman)

Print Friendly, PDF & Email