Turi – Selasa (13/3), anggota KIM Bangunkerto Turi, Suharman, mewakili organisasi kepemudaan Kecamatan Turi diminta oleh Panwaslu Kabupaten Sleman untuk mengikuti sarasehan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019 di Hotel Jambuluwuk, Purwokinanti Pakualaman. Acara dihadiri oleh 50 orang yang terdiri dari perguruan tinggi, UIN, UII, karang taruna, media massa, dan organisasi lainnya.

Sarasehan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu DIY, Bagus Sarwono yang sekaligus sebagai narasumber. Dalam uraiannya, Bagus mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam mengawasi pemilu supaya bisa berjalan dengan baik mengingat jumlah anggota bawaslu dan juga panwaslu terbatas sehingga tidak mungkin bisa mengawasi semua pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu tanpa ada partisipasi publik.

Untuk itu, bawaslu berharap kepada publik untuk bisa bekerja sama dalam pengawasan pelanggaran pemilu khususnya untuk mencegah politik uang. Bagus meminta kepada semua elemen masyarakat untuk melaporkan ke bawaslu jika menemukan semua pelanggaran yang berkaitan dengan pemilu. Bagi masyarakat yang melapor akan dilindungi. Selain itu, Bagus juga menjelaskan tentang semua tugas dan wewenang bawaslu di antaranya akan mengadakan perekruktan untuk menjadi relawan bawaslu yang nantinya akan membantu bawaslu. Pun, akan ada program peningkatan kapasitas untuk menambah wawasan bagi relawan. (Harman)

Print Friendly, PDF & Email