Turi – Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami Yogyakarta) bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran UGM, RSUP Dr. Sarjito, RS Puri Husada dan Yayasan Dharmais menyelenggarakan bakti sosial operasi katarak gratis, Minggu (11/3) di RS Puri Husada.

Acara yang diselenggarakan sejak Sabtu (10/3) ini diawali dengan pemeriksaan screening terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi mata pasien. Jika kondisi pasien tidak memungkinkan atau tidak perlu untuk dilakukan operasi, pasien akan diberikan kacamata. Selanjutnya, operasi dilakukan pada hari Minggu (12/3) dengan 45 pasien.

Perwakilan dari Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami Yogyakarta), dr. Wasisdi memaparkan bahwa penyakit katarak menyebabkan adanya kekeruhan pada lensa mata penderita sehingga membuat penglihatan menjadi kabur. Melalui operasi katarak, dokter akan menanamkan lensa buatan pada mata penderita sehingga penglihatan penderita dapat normal kembali. Di akhir paparannya, dr. Wasisdi menekankan tidak ada yang perlu ditakutkan dalam operasi katarak karena pengobatan sekarang sudah canggih. Operasi dapat dilakukan menggunakan laser, bahkan waktu operasi hanya membutuhkan 20-30 menit.

Selanjutnya perwakilan dari Fakultas Kedokteran UGM dr. Subroto mengatakan bahwa mata adalah salah satu indera penting dalam manusia. Maka kita perlu menjaga supaya tidak terkena penyakit mata, terlebih di usia senja karena katarak merupakan pemyakit yang salah satu penyebabnya adalah faktor usia. Sayangnya, banyak yang kemudian pasrah dengan keadaan dan menganggap, “Ya sudah, enggak bisa melihat juga enggak apa-apa. Memang sudah tua, sudah waktunya”.

Oleh karena itu, diharapkan masyarakat luas dapat bekerjasama dengan pemerintah dan elemen terkait untuk terus berupaya melakukan penanggulangan buta katarak sebagai upaya mewujudkan komitmen Global Vision 2020, yakni “The Right to Sight” yang dicanangkan oleh WHO, yaitu pada tahun 2020 diharapkan setiap penduduk mempunyai hak untuk dapat melihat secara optimal. (Ari Herliyanto)

Print Friendly, PDF & Email