Turi –  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Senin (12/2) pukul 09.00 WIB di Aula Kecamatan Turi.

Kegiatan ini diikuti oleh jajaran Polsek Turi, jajaran Koramil Turi, Satpol PP Kecamatan Turi, Kepala Desa se-Kecamatan Turi, Karangtaruna, tokoh pemuda, organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, serta tokoh agama se-Kecamatan Turi. Turut hadir dalam kesempatan tersebut dari Badan Kesbangpol DIY Rendradi dan Surono yang sekaligus sebagai narasumber, serta Camat Turi ibu Siti Angraeni,

Dalam sambutannya, Camat Turi menyambut baik kegiatan ini, mengingat di wilayah Turi ini sudah semakin ramai. Siti berharap dengan adanya kegiatan ini akan menambah pemahaman masyarakat tentang Pancasila dan kebangsaan sehingga akan tercipta masyarakat yang harmonis, saling menghormati dan menghargai, serta tidak membedakan ras, suku, dan agama.

Sedangkan narasumber Surono memberikan materi mengenai Pancasila dalam beragama. Surono mengatakan bahwa semua umat yang beragama dan menjalankan ajarannya dengan baik dan benar sudah pasti berpancasila. Sebab, dalam Pancasila sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, berarti semua masyarakat yang mengakui adanya Tuhan sudah menjalankan Pancasila sehingga sudah seharusnya saling menghormati antara pemeluk agama

Terlebih jika semua masyarakat memahami dasar negara Pancasila maka tidak akan ada lagi sentimen antar umat, tidak ada lagi tindakan-tindakan yang berbau SARA, dan berharap kepada semua tokoh masyarakat, tokoh pemuda, organisasi masyarakat, tokoh agama untuk selalu saling menjaga dan mengingatkan dan ikut memberikan pemahaman kepada semua masyarakat. (Harman)

Print Friendly, PDF & Email