Turi – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman mengadakan Sosialisasi Lomba Program Kampung Iklim (Proklim) tingkat nasional di Dusun Wonosari Bangunkerto Turi, Jumat (23/2). Acara sosialisasi yang bertempat di rumah Kepala Dukuh Wonosari, Tarminanto, Bangunkerto, Turi ini dimulai dari pukul 09.00-11.00 WIB.

Kegiatan diadakan di Dusun Wonosari karena Dusun Wonosari merupakan salah satu dusun yang dipilih oleh DLH Kabupaten Sleman maupun DLH Provinsi DIY untuk maju lomba Proklim tingkat nasional. Dusun Wonosari dianggap telah memenuhi kriteria yang akan dilombakan, di antaranya tentang kebersihan lingkungan, pengolahan sampah, penghijauan, pemanfaatan lahan pekarangan, penganekaragaman tanaman, ketahanan pangan, pelestarian mata air, dan masih banyak lagi kriteria yang akan dinilai. Semua kegiatan tersebut sebenarnya sudah ada dan terus dilakukan oleh masyarakat Dusun Wonosari dari tahun 2014 sampai sekarang.

Hadir dalam kesempatan tersebut tokoh masyarakat baik pemuda, bapak-bapak, dan ibu-ibu Dusun Wonosari, Pemerintah Desa Bangunkerto yang diwakili oleh Sudiyono, dan dari DLH Kabupaten Sleman, Dwi dan Tutik yang diberi tugas mendampingi Lomba Proklim.

Dalam sambutannya, Tutik berharap kepada semua masyarakat Dusun Wonosari untuk segera mempersiapkan lingkungannya dan memperbaiki segala sesuatu yang belum ada dalam kriteria penilaian. Tutik juga berpesan untuk segera mendaftarkan lomba ke Kementerian Lingkungan Hidup melalui e-mail dan mengisi data yang ada dalam form lomba.

Tutik berharap dan yakin bahwa Dusun Wonosari yang dimotori oleh Suharman dengan masyarakatnya yang kompak bisa memenuhi semua kriteria yang dilombakan sehingga dapat mendapat peringkat nasional dan bisa membawa nama baik Kabupaten Sleman. (Harman)

Print Friendly, PDF & Email