183 Pengawas TPS Kapanewon Gamping Dilantik

Dalam rangka pelaksanaan pengawasan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020 pada Tempat Pemungutan Suara (TPS), maka Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwaslucam) Gamping membentuk Pengawas TPS di wilayah Kapanewon Gamping. Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Gamping Nomor P.002/PANWASLU-KEC.GMP/HK.01.01/11/2020 tanggal 16 November 2020 tentang penetapan Pengawas TPS, Ketua Panwaslucam Gamping, Kusyamto melantik 183 Pengawas TPS terpilih yang akan bertugas di wilayah Kalurahan Trihanggo, Nogotirto, Banyuraden, Ambarketawang, dan Balecatur, Senin (16/11/2020).

Prosesi pelantikan yang digelar di Aula Kelurahan Nogotirto, Kapanewon Gamping dihadiri oleh Panewu Gamping, Ikhsan Waluyo, Kapolsek Gamping, Kompol Heribertus Aan Andrianto, Danramil 17/GP yang diwakili oleh Sertu Sugiyono, serta Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan, Adnan Iman Nurtjahjo. Turut hadir dalam kegiatan ini, dua anggota Panwaslucam Gamping, Rahmat Mulyo Hartono, dan Tyas Ponco, segenap Staf sekretariat, serta Pengawas Pemilu kelurahan.

Pengucapan sumpah janji Pengawas TPS terlantik dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 disaksikan Rohaniawan Agama Islam sekaligus Kepala Kantor Urusan Agama Kapanewon Gamping, Imam Syafingi, Rohaniawan Agama Katholik, Linarno, serta Rohaniawan Agama Kristen, Harun Sitepu.

Usai melantik Pengawas TPS, Ketua Panwaslucam Gamping, Kusyamto menyampaikan bahwa tugas Pengawas TPS meliputi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara, serta pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke Panitia Pemungutan Suara.

“Pengawas TPS berkewajiban menyampaikan laporan hasil pengawasan pemungutan dan penghitungan suara kepada Panwaslucam melalui Panwaslu Kelurahan. Di samping itu, Pengawas TPS berwenang menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran, kesalahan, penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara. Sebagai bukti otentik, Pengawas TPS juga berwenang menerima Salinan Berita Acara pemungutan dan penghitungan suara, dan melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” tegas Kusyamto.

Sebelum dilaksanakan bimbingan teknis bagi Pengawas TPS, Panewu Gamping, Ikhsan Waluyo berpesan kepada Pengawas TPS terlantik agar bisa bersinergi bersama PPS atau PPK dalam pelaksanaan tugas di lapangan agar tercipta kondisi yang aman dan kondusif dalam pelaksanaan pengawasan pemungutan dan penghitungan suara khususnya di wilayah Kapanewon Gamping. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Kapanewon Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts