19 Orang Terjaring Operasi Yustisi Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19 Kalurahan Sukoharjo

Tim Gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Ngaglik menggelar Operasi Yustisi Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19 di Halaman Kantor Balai Desa Sukoharjo, Jumat (18/9/2020). Hadir dalam acara tersebut antara lain dari Koramil, Kapolsek serta Pemerintah Kecamatan Ngaglik dibantu Perangkat Desa Sukoharjo dan Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Sukoharjo serta Tim Gugus Tugas Desa Sukoharjo.

Operasi dimulai di ruas Jalan Besi-Jangkang km 1.5. DI sini ditemui pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 yaitu tidak memakai masker atau membawa masker tetapi tidak dipakai dan ada memakai masker tidak standar (asal tertutup).

Para pelanggar dalam operasi ini belum dikenai hukuman denda akan tetapi dikenai hukuman sosial, seperti membersihkan lingkungan, menyanyi, melafalkan Pancasil, serta push up. Hukuman sosial ini berlaku bagi para pelanggar dengan dibuat surat peringatan pertama. Apabila para pelanggar melakukan pelanggaran kembali maka akan ditetapkan denda sesuai peraturan yang berlaku.

Sementara itu Adib Makmun, perwakilan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Ngaglik menyampaikan bahwa operasi akan terus dilakukan agar pemakaian masker menjadi kebiasaan masyarakat ketika keluar rumah.

“Dalam waktu 90 menit saja telah terjaring yang tidak pakai masker berjumlah 19 orang. Hal ini suatu pertanda bahwa masyarakat belum patuh dan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan, apabila hal ini terus dibiarkan maka berakibat fatal dan covid 19 akan sangat sulit dikendalikan,” pungkasnya. (Kim Ngaglik/Srp)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts