20 Difabel Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Lele

Dalam kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda ini, Pemerintah Desa Sukoharjo berinisiatif mengadakan Pelatihan Budidaya Ikan Lele melalui media bak ember kepada 20 penyandang disabilitas se-Desa Sukoharjo di Aula Balai Desa Sukoharjo, Selasa (15/9/2020). Pelatihan yang diharapkan bisa meningkatkan ketahanan keluarga pun kesejahteraannya ini, menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu Ahmad Husain dari UGM dan Syakir dari PPDI Kecamatan Ngaglik sebagai praktisi pengembangan budidaya lele.

Ahmad Husain menyampaikan bahwa budidaya lele ini sangat mudah pengelolaannya, di samping tidak perlu lahan yang luas, cukup memakai peralatan sederhana antara lain ember besar yang ada tutupnya.

“Dibuat sedemikian rupa sesuai contoh ini, para peserta bisa mempraktikkan di rumah masing-masing dan sangat menguntungkan,” ujar Ahmad.

Syakir menambahkan, budidaya lele juga bisa dibarengkan dengan budidaya sayuran.

“Di atasnya bisa ditanami kangkung atau sayuran sejenis sehingga bisa untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari apalagi di masa pandemi sekarang ini,” imbuh Syakir.

Akhir dari pelatihan ini Kepala Desa Sukoharjo, Bara Hernowo Natali memberi peserta pelatihan media budidaya lele, yaitu bak ember, media tanam bibit kangkung, serta 100 ekor bibit ikan lele sebagai uji coba budidaya ikan lele di rumah masing-masing. (KIM Ngaglik/Srp)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts