Sleman Kembali Peroleh Penghargaan Bidang Pariwisata

Sleman, InfoPublik – Di bidang pembangunan sektor pariwisata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman  di tahun 2014 menorehkan prestasi yang sungguh menggembirakan. Hal ini terlihat dari berhasilnya kembali Kabupaten Sleman menyandang penghargaan sebagai “Best Performance” untuk kategori Kabupaten dalam ajang “Travel Club Tourism Award2014”.

Ini merupakan penghargaan yang ketiga kalinya bagi Kabupaten Sleman sebagai “Best Performance” setelah penghargaan serupa tahun 2011 dan 2013. Penyerahan penghargaan sebagai Best Performance dilakukan oleh Dirjen Pengembangan Destinasi Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman, dan penghargaan sebagai Best of the Best kepada Kabupaten Gianyar dilakukan oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya di Sasana Kriya TMII Jakarta, Kamis (20/11) malam.

Demikian disampaika Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Ir AA Ayu Laksmidewi TP MM usai menghadiri acara Malam Penganugerahan Travel Club Tourism Awards 2014 di Sasana Kriya TMII Jakarta, kemarin.

Penghargaan Travel Club Tourism Award (TCTA) 2014 merupakan penghargaan yang diselenggarakan Majalah Travel Club bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI.Dikatakan Ayu pelaksanaan pada tahun 2014 merupakan pelaksanaan yang keempat kalinya. Tujuan diselenggarakannya Penghargaan TCTA 2014 adalah untuk memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah (Provinsi, Kota dan Kabupaten) yang memiliki komitmen tinggi untuk membina kepariwisataan daerah masing-masing.

Adapun aspek penilaian TCTA 2014 meliputi Tata Pamong, Lingkungan Pariwisata, Industri Kreatif, Pemberdayaan Masyarakat, dan  Ekonomi Daerah. Sedangkan kategori penghargaan yang diberikan secara berurutan meliputi Best Performance, Most Improvement, Most Creativity dan Best Achievement, The Most Promising dan The Most Favorite.

Menurut Ayu bahwa perolehan penghargaan sebagai Best Performance hingga 3 kali tersebut membuktikan bahwa pengelolaan sektor pariwisata di Kabupaten Sleman selama ini menunjukkan konsistensi yang tinggi. Oleh karenanya hal ini merupakan suatu kebanggaan dan perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan dimasa mendatang.

“Keberhasilan Sleman dalam mengelola dan mengembangkan sektor pariwisata tidak terlepas dari dukungan, konsolidasi dan partisipasi aktif para pelaku dan stake holder pariwisata daerah diantaranya Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Sleman Travel Agent Forum (STAF), Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI), PT Taman Wisata, Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), PT Anindya, dan para pengelola destinasi wisata,” tutur Ayu.