Dokter PKU Gamping Beri Motivasi Kepada Siswa BKL Mugi Waras Agar Jadi Lansia Tangguh

Moyudan – Siswa Lansia Bina Keluarga Lansia (BKL) Mugi Waras kembali melaksanakan pembelajaran sekolah di Rumah Singgah Lansia Blendung pada Minggu (2/7/2023). Tatap muka tersebut merupakan yang ketujuh kalinya dari delapan pertemuan pada jenjang S2 (Standar 2) tahun ajaran 2023.

Hadir mendampingi kegiatan tersebut, Tri Astuti dari Indonesia Ramah Lansia (IRL), Koordinator PKB ( Penyuluh Keluarga Berencana) Kapanewon Moyudan Wahyu Aryanti Rosaria Bawaningsih, Dukuh Blendung Rizky Anas Ikhwanudin, dan Ketua BKL Hj  Djumanah, dan diikuti 50 siswa lansia.

Narasumber yang dihadirkan pada kesempatan itu adalah dr. Bambang Edi Susyanto, yang merupakan Dokter PKU Muhamadiyah Gamping Yogyakarta dan RS AMC Wirobrajan Yogyakarta, serta mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Edi memberikan motivasi agar lansia tetap sehat dan penuh semangat, serta memberikan materi tentang spiritualitas.

Dikatakan bahwa aspek spiritual adalah salah satu dari 7 dimensi lansia tangguh. Maka siswa sekolah lansia  harus meningkatkan kehidupan spiritualnya agar menjadi lansia yang tangguh.

“Kita harus meningkatkan koneksitas atau hubungan dengan Sang Maha Pencipta agar hati selalu tenang dan ikhlas.  Perbanyak mencari makna hidup dan tujuan hidup yang orang Jawa bilang dengan istilah Sangkan paraning dumadi,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa  kesehatan ada 4 macam yaitu kesehatan jasmani, rohani,  mental emosional,  dan sosial, yang masing-masing diterangkan pengertian beserta cara menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatannya.

Pada akhir paparannya dokter Edi menyampaikan bahwa dalam upaya meningkatkan spiritualitas dan pelayanan yang membantu kesehatan jasmani dan rohani sesama, ia mendirikan kegiatan sosial Seroja (Sehat robani dan jasmani) setiap  Minggu sore berupa pengajian dilanjutkan  konsultasi dan pemerikasaan gratis, bertempat di pendapanya di Banyuraden, Gamping, Sleman. (Eny Ms/KIM Sumber Biwara Moyudan).