Panwascam Gamping Gandeng Kader Muhammadiyah Cegah Pelanggaran Pemilu

Dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarat dalam pengawasan pemilu khusus di dalamnya terdapat aspek pencegahan pelanggaran pemilu, maka Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Gamping melaksanakan kegiatan forum warga menggandeng Pemuda Muhammadiyah (PM) dan Nasyiatul Aisyiyah (NA) selaku kader Muhammadiyah di tingkat Kapanewon Gamping yang digelar di Gedung Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kapanewon Gamping, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Minggu (29/10/2023) siang.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Gamping, Adnan Iman Nurtjahjo didampingi Koordinator Divisi Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Kurniawan Prihandoko, dan Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Rahmat Mulyo Hartono.

Forum warga pengawasan pemilu kali ini dihadiri oleh jajaran pengurus dan anggota Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiyah tingkat Kapanewon Gamping, Panwaslu Kelurahan/Desa Ambarketawang, Panwaslu Kelurahan/Desa Balecatur, serta staf Panwaslu Kecamatan Gamping sebagai peserta dengan jumlah keseluruhan sebanyak 50 orang.

Ketua Panwaslu Kecamatan Gamping, Adnan Iman Nurtjahjo mengungkapkan pentingnya  keterlibatan masyarakat untuk aktif berpartisipasi di dalam proses pemilu baik sebagai pengguna hak pilih, melakukan pendidikan politik ke sesama, membantu pengawasan Pemilu, serta pengontrolan publik guna menjaga suara dan kedaulatan rakyat di dalam penyelenggaraan negara.

Menurutnya, kegiatan forum warga dilatarbelakangi dengan masih banyaknya masyarakat yang belum memahami hak dan kewajiban dalam partisipasinya sebagai warga negara, sehingga dengan minimnya kesadaran hak dan kewajiban politik tersebut menyebabkan respon masyarakat dalam proses politik masih belum maksimal

Dirinya menambahkan, demi meningkatkan partisipasi masyarakat terutama dalam pengawasan Pemilu, maka melalui program Forum Warga Pengawasan Pemilu Panwaslu Kecamatan Gamping mengajak dan mendorong masyarakat maupun organisasi masyarakat sipil untuk turun tangan dalam mengawasi pelaksanaan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024.

“Kegiatan forum warga merupakan model baru dalam perencanaan pengawasan partisipatif yang diharapan dapat menciptakan karakter pengawasan pemilu melepat kepada masyarakat. Harapan-harapan tersebut dapat efektif terwujud jika peserta dalam kegiatan forum warga terlibat langsung dalam pengawasan pemilu,” tegas Adnan dihadapan para kader Muhammadiyah Gamping.

Wajib hukumnya terbentuk kesadaran masyarakat dan partisipasi aktif dalam pengawasan mengingat pemilihan umum tahun 2024 dilaksanankan secara serentak, maka segala bentuk pelanggarannya harus dilakukan pencegahan dan pengawasan secara langsung sehingga dapat menekan jumlah pelanggaran pemilu yang akan terjadi.

“Panwaslu Kecamatan Gamping memandang kegiatan forum warga memegang peranan penting sebagai tempat terjadinya proses mobilisasi pemahaman, pengetahuan, argumentasi, dan penuangan ide menuju terbangunnya pemahaman tugas fungsi dan kewajiban Pengawas Pemilu di tingkat Kecamatan serta peran yang dapat dilakukan oleh peserta forum warga dalam pengawasan pemilu,” imbuhnya. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Kapanewon Gamping)

image_pdfimage_print
Bagikan: