3 Dusun di Sleman Terima Penghargaan Lomba Program Kampung Iklim

Turi – Rabu (24/10/2018), 3 dusun di Kabupaten Sleman, yakni Dusun Wonosari Bangunkerto Turi, Dusun Tanjung Pendowoharjo Sleman, dan Dusun Wonorejo Sariharjo Ngaglik diundang oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menerima penghargaan pemenang Lomba Program Kampung Iklim (Proklim) tingkat nasional di Jakarta.

Lomba diikuti oleh 600 desa dan dusun se-Indonesia dan diambil 33 pemenang yang mendapatkan piala serta uang pembinaan dan ada pula kriteria baik yang mendapatkan sertifikat peringkat nasional.

Dari Sleman ketiga wakil tersebut berhasil masuk kriteria baik sehingga ketiganya mendapatkan sertifikat yang diambil langsung di kantor pusat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta.

Sleman yang juga merupakan wakil dari Provinsi DIY yang berangkat adalah Arif dan Dodi dari Dinas Lingkungan Hidup Sleman dan dari dusun penerima diwakili oleh Suharman dari Dusun Wonosari Bangunkerto Turi.

Program Kampung Iklim (Proklim) sendiri adalah suatu kegiatan masyarakat di tingkat dusun atau desa yang peduli dengan lingkungan hidup, seperti adaptasi dan mitigasi dalam menyikapi perubahan iklim.

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di antaranya mengelola sampah dengan pemilahan, pembuatan pupuk organik juga kerajinan, tidak membakar sampah untuk mengurangi gas CO2, pelestarian mata air agar tetap terjaga dengan penanaman pohon, pemanfaatan lahan pekarangan dengan berbagai macam jenis tanaman buah dan sayuran untuk ketahanan pangan, memanfaatkan sumber daya alam yang ada seperti pembuatan kincir air, surya seel, dan biogas, serta membuat resapan air dan pemanfaatan air hujan.

Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk mengurangi pemanasan global dan mengurangi emisi gas karbon, serta melestarikan lingkungan hidup sehingga di kemudian hari alam ini bisa diwariskan kepada anak cucu kita. (Harman)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts