5 Candi Direvitalisasi, Jumlah Kunjungan Justru Meningkat

Sleman – Meski masih dalam proses revitalisasi, 5 Candi di Sleman tetap beroperasi. Proses perawatan ini justru menarik perhatian pengunjung. Tampak dari jumlah kunjungan yang terus meningkat, Hingga akhir tahun 2014, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman berencana melakukan revitalisasi di Candi Sambisari, Candi Sari, Candi Kalasan, Candi Barong, dan Candi Ijo. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman, Ir AA Ayu Laksmidewi TP MM mengatakan proses revitalisasi tidak menghambat aktivitas pariwisata di candi dan sekitarnya. Bahkan, jumlah kunjungan wisatawan justru meningkat.

“Dari catatan di buku pengunjung, warga yang mendatangi candi-candi itu sudah sangat banyak. Misalnya di Candi Ijo, rata-rata ada 3.000 pengunjung dalam sebulan,” kata Ayu, kemarin.

Angka kunjungan yang tercatat tersebut, belum termasuk pengunjung yang lupa tidak mengisi buku pengunjung. Ayu optimistis dengan angka kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, akan semakin banyak saat revitalisasi selesai. Meski demikian, Ayu menyadari promosi wisata bagi candi-candi kecil di Sleman perlu ditingkatkan.

“Kami sedang giat mengenalkan candi-candi kecil agar wisatawan tidak hanya tahu Candi Prambanan dan Ratu Boko saja,” ungkapnya.

Candi Ijo alam sebulan tidak kurang dikunjungi sekitar 3000 pengunjung, meski sekarang ini komplek candi ijo terus dilakukan pembenahan.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts