Bangkitkan Ekonomi Lokal, Kapanewon Mlati Gelar Pasar Lebaran

Untuk meningkatkan potensi lokal yang berada di daerah Mlati, Pemerintah Kapanewon Mlati menggelar Pasar Lebaran dan Pasar Murah yang bertajuk Semarak Pasar Lebaran UMKM Kapanewon Mlati yang dibuka pada Selasa (4/5/2021) di Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman. Pembukaan Pasar Lebaran yang akan berlangsung hingga Rabu (5/5/2021) ini dihadiri langsung oleh Bupati Sleman, didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sleman, Kepala PT Bank BPD Cabang Sleman, dan Kepala Baznas Sleman. Selain itu, hadir pula Panewu Kapanewon Mlati, Muspika Kapanewon Mlati, Lurah se-Kapanewon Mlati, dan beberapa tamu undangan.

Panewu Mlati, Yakti Yudanto menyebutkan bahwa Pasar Lebaran dan Pasar murah ini diadakan sebagai bentuk upaya mengangkat UMKM, khususnya yang berada di Mlati setelah mengalami keterpurukan selama masa pandemi COVID-19. “Semoga dengan digelarnya acara ini dapat memotivasi UMKM di wilayah Kapanewon Mlati untuk terus bergeliat,” ujar Yakti pada Selasa (4/5/2021).

Bersamaan dengan kegiatan ini juga dilakukan penyerahan paket sembako bagi fakir miskin dari PT Bank BPD DIY Cabang Sleman, UPK PNPM Mandiri Perdesaan, dan Baznas Sleman sebanyak 300 paket, dengan masing-masing lembaga tersebut memberikan sebanyak 100 paket.

Pada Pasar Lebaran ini juga disediakan paket penurunan harga sembako berupa gula merah, gula pasir, beras, minyak goreng dan telur dengan penurunan harga antara 1.500-2.000 dari harga pasaran. Paket ini diperuntukkan untuk masyarakat umum di Kapanewon Mlati.

Selain itu, juga diserahkan santunan untuk anak yatim yang berasal dari Kapanewon Mlati, UPK PNPM Mandiri Perdesaan, Batik Alusan, TPK Kapanewon Mlati, Baznas Sleman dan dari donatur lainnya. Santunan diperuntukkan bagi 180 anak yatim di Kapanewon Mlati dengan santunan senilai Rp 100.000,- untuk masing-masing anak.

Paket bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo berupa sembako dan santunan bagi anak yatim kepada perwakilan penerima dari masing-masing kalurahan yang ada di Kapanewon Mlati. Selanjutnya paket dan santunan di serahkan ke kalurahan untuk didistribusikan kepada penerima secara langsung.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan ini. Ia berharap kedepannya dapat terus terjalin sinergisitas antara Pemerintah Daerah dan UMKM untuk meningkatkan ekonomi, terutama dengan gerakan Borong Bareng produk UMKM Sleman yang digaungkan.  

“Dengan gerakan borong bareng yang menjadi program Kabupaten Sleman diharapkan mampu menggugah UMKM untuk terus bergerak dan berproduksi,” terangnya

Pasar lebaran yang digelar oleh Kapanewon Mlati ini sendiri diikuti oleh total 44 UMKM di Kapanewon Mlati yang dibagi menjadi 33 stand UMKM, dengan rincian 9 stand fashion, 3 stand kerajinan, 18 stand kuliner, 1 stand sembako, dan 1 stand daging beku. Selain itu, ada juga stand dari Bank BPD DIY Capem Mlati. (Yoko Erwe/KIM Mlati)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts