Bhabinkamtibmas Bokoharjo Rutin Gelar Donor Darah

Saat ini, masih banyak individu yang memiliki kepedulian terhadap hal sosial seperti ketersediaan akan kebutuhan darah. Salah satunya adalah Bripka Mujadi dan Bripka Mahmudi, Bhabinkamtibmas Kalurahan Bokoharjo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, yang gigih mempelopori gerakan donor darah bagi masyarakat Kalurahan Bokoharjo dan sekitarnya.

Bekerja sama dengan PMI Kabupaten Sleman, Bripka Mujadi dan Bripka Mahmudi sebagai penyelenggara sering berinovasi untuk mendapatkan peserta donor darah. Salah satunya adalah kegiatan donor darah yang digelar pada Kamis (22/4/2021) malam. Dengan menggandeng berbagai kelompok masyarakat, penyelenggara menyediakan berbagai macam door prize guna menarik minat para calon pendonor, seperti beras, ayam hingga kupon makan gratis di beberapa warung makan.

Walaupun berlangsung di bulan puasa, pelaksanaan donor darah berhasil mendapatkan hasil yang cukup banyak. Dari 111 orang yang terdaftar, terkumpul 87 kantong darah dari 87 peserta yang berhasil diambil darahnya. Sementara 24 sisanya tidak diambil darahnya karena berbagai hal, salah satunya karena angka Hb peserta rendah.

“Saya senang masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi mengikuti donor darah, dengan beberapa pelaksanaan di berbagai tempat dapat menarik peserta diatas 50. Harapan saya, donor darah menjadi kebutuhan dan gaya hidup, karena dengan donor darah tubuh menjadi sehat. Penderitapun merasa terbantu, dan kegiatan seperti ini akan terus kami lakukan,” tutur Bripka Mujadi.

Sementara itu, Sugeng, Pengurus PMI Sleman menyebutkan bahwa pada bulan Ramadan ini, PMI Sleman masih tetap memberikan pelayanan bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya, dengan pelaksanaan dilakukan pada malam hari.

“Permintaan banyak dari takmir masjid. Saat puasa tetap dilayani donor darah sebagai upaya memenuhi ketersediaan kebutuhan darah bagi masyarakat Sleman,” ujar Sugeng. (Tri Joko/KIM Kalasan)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts