Bilik Konseling Pandu Pencari Kerja di Job Fair UII

Sleman – Direktorat Pengembangan Mahasiswa dan Alumni UII (DPKA) selalu memberikan pelayanan maksimal untuk membantu jobseeker (pencari kerja) mencari pekerjaan. Fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan jobseeker disediakan DPKA UII agar jobseeker dapat mengembangkan diri sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan perusahaan.

Salah satu fasilitas yang disediakan adalah Bilik Konseling yang menghadirkan para psikolog profesional bagi para pencari kerja. Para pencari kerja yang datang di acara job fair UII Integrated Career Days 2019 diberi pelayanan gratis untuk berkonsultasi seputar permasalahan ataupun kebingungan karir yang mereka miliki.

Ana, psikolog profesional yang menjadi salah satu konselor mengatakan bahwa masalah yang sering dijumpai para pencari kerja ketika akan melamar kerja adalah mengenali minat kerja. “Masih banyak yang bingung ketika menentukan pekerjaan apa yang cocok atau yang benar-benar sesuai minat dari para pencari kerja,” ujar Ana di Kampus UII, Jalan Kaliurang, Kabupaten Sleman, Kamis (7/11/2019).

Selain itu, menurut Ana ada juga masalah lain yang sering dikonsultasikan pencari kerja yaitu mengenai dilema antara memutuskan akan bekerja atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

 “Semakin kesini, perusahaan membutuhkan kualifikasi yang makin bagus apalagi untuk menghadapi industri 4.0. Soft skill sangat diperlukan dalam dunia kerja. IPK itu dilihat tetapi tidak menjadi patokan utama melainkan pengalaman dia di kampus mengikuti organisasi atau komunitas yang sesuai dengan bidangnya itu bisa melatih mentalnya karena di dalam organisasi tersebut mereka diberikan tanggung jawab, problem solving serta bagaimana ia mencapai target kinerjanya,” ujarnya.

Adanya Bilik Konseling ini disambut baik para pencari kerja. Agung, seorang pencari kerja mengakui adanya bilik konseling ini memberikan banyak manfaat seperti menjadi lebih tahu ketika memasuki dunia kerja dengan mempersiapkan persyaratannya, memiliki kemampuan Bahasa Inggris, dan pengetahuan mengenai software.

“Garis besarnya nanya tentang tahapan-tahapan yang bagus itu gimana, soalnya aku rencana mau lanjut studi dulu ancang-ancang buat ke depannya kira-kira apa yang yang harus dipersiapkan,” kata Agung Jobseeker lulusan UII jurusan Teknik Lingkungan. Agung pun mengaku merekomendasikan Bilik Konseling ini kepada teman-temannya sesama pencari kerja.

Job Fair UII Integrated Career Days 2019 merupakan penyelenggaran ke-6 kalinya. Pada tahun ini peserta yang telah mendaftar online sudah lebih dari 1000 orang dan masih akan terus bertambah karena panita juga menyediakan fasilitas pendaftaran ssecara langsung. Acara ini diselenggarakan pada 6-7 November 2019 yang berlokasi di Auditorium Kahar Muzakir, UII. Terdapat 20 perusahaan yang ikut serta diantaranya Niagahoster, CV Cipta Sarana Lestari, Koin Works, Ruang Guru, PT Rifan Financindo, Nasmoco, Eastparc Hotel, CV Panca Manunggal Lestari, Inti Beton, PT Jalur Mandiri Utama, PT Media Sarana Data, Akur Optik Bantul Group, Bank Mandiri, Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran, Plar Prima Nusantara, PT Indomarco Prismatama dan Wahana Ottomitra Multiartha.(Rep Bilal)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts