BKAD Kecamatan Mlati Gelar MAD

Kelembagaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MPd) Kecamatan Mlati mengadakan Musyawarah Antar Desa (MAD) di Gedung Serbaguna Kecamatan Mlati, Sabtu (29/2/2020).

Acara MAD ini dalam rangka tutup buku dan evaluasi kegiatan tahun 2019. Hadir dalam acara ini perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sleman, Pemerintah Kecamatan Mlati, Kepala Desa se-Mlati, Ketua BPD se-Mlati, Ketua TP PKK Desa se-Mlati, dan perwakilan pemanfaat SPP.

Disampaikan Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Mlati, Kliwon Suhirman, acara kali ini terkait dengan penyampaian laporan pertanggungjawaban BKAD Kecamatan Mlati terhadap masyarakat.

“Melalui MAD ini, dipertanggungjawabkan pengelolaan dana bergulir untuk masyarakat. Sampai saat ini aset dana bergulir sebesar 2,6 miliar dengan keuntungan 300 juta rupiah di tahun 2019. Nilai kemacetan 4,09%. Jumlah kelompok yang dilayani saat ini 111 kelompok dengan 823 pemanfaat,” jabarnya.

Agus Waseso, Analis Pengembangan Ekonomi Pedesaan pada Seksi Pengembangan Potensi Masyarakat, Dinas PMD Sleman menyampaikan bahwa Dinas PMD Sleman dalam upaya pelestarian, penyelamatan, dan pengembangan aset berusaha untuk membuat regulasi.

“Hal ini ditangkap oleh Dewan yang saat ini sudah menggodok Raperda terkait dengan Pelestarian dan penyelamatan aset hasil PNPM,” imbuhnya.

Dalam MAD ini, disepakati pun disahkan rencana pelaksanaan kegiatan tahun 2020 dan rencana anggaran tahun 2020. Berikutnya dilakukan penandatanganan Berita Acara penetapan rencana pelaksanaan kegiatan tahun 2019, RAB kelembagaan, serta RAB UPK. (KIM Mlati/Yoko)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts