BLK Sleman Gelar Pelatihan Menjahit di Kalurahan Condongcatur

Sleman – Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman mengadakan pelatihan menjahit di Ruang Sasana Wicara Lantai 2 Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman. Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Depok, Isti Fajaroh, menyampaikan bahwa program yang dibuka pada Selasa (10/5/2022) ini merupakan usulan dalam Musrenbang Kabupaten Sleman yang seharusnya dilaksanakan pada tahun 2021, namun belum terealisasikan mengingat situasi COVID-19, dan baru terealisasi di tahun 2022.

“Peserta sebanyak 16 (enam belas) orang usulan dari kalurahan yang telah diseleksi dan memenuhi ketentuan, diharapkan para peserta nantinya setelah selesai dapat menjadi wirausahawan baru di Condongcatur sehingga dapat mengerakkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan,” kata Isti.

BLK Sleman sendiri pada Tahun 2022 ini akan melaksanakan kegiatan pelatihan non institusional dengan dana APBD Tahun 2022. Pelatihan dengan mengambil fokus keterampilan Mobile Training Unit (MTU) angkatan II Tahun 2022 akan dilakukan di beberapa wilayah, antara lain Kapanewon Kalasan (Pelatihan Bordir), Kalurahan Tegaltirto Berbah (Jahit bagi disabilitas), Kalurahan Condongcatur Depok (Jahit), Gayamharjo Prambanan (Bengkel Sepeda Motor), Kapanewon Prambanan (Tata Boga), Kurahan Sinduadi Mlati (Operator Komputer), Kalurahan Donoharjo Ngaglik (Tata Rias), dan Kalurahan Margokaton Sayegan (Tata Rias).

Peserta pelatihan sebelumnya telah melalui seleksi pendaftaran oleh masing-masing Kapanewon dan Kalurahan dengan penanggungjawab di bagian Ulu – ulu. Persyaratannya sendiri adalah warga berusia 17-45 tahun, warga kurang mampu/pemegang kartu keluarga sejahtera, warga tidak bekerja atau terdampak PHK, warga yang tidak sedang menempuh pendidikan formal dan bersedia mengikuti pelatihan sesuai ketentuan dan jadwal yang telah ditetapkan

Pelatihan jahit di Condongcatur akan dilaksanakan sebanyak 30x pertemuan dari tanggal 10 Mei-23 Juni 2022 dengan materi teori dan praktik menggunakan mesin-mesin jahit yang telah disiapkan. Pelatihan akan di mulai jam 08.00 – 13.00 WIB setiap harinya di Gedung Serbaguna Condongcatur

Dalam kesempatan tersebut, Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, mengucapkan terima kasih kepada Kapanewon Depok yang telah memperjuangkan usulan pelatihan ini di Musrenbang kabupaten sebagai program kegiatan, sehingga dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman dapat merealisasikannya di tahun ini.

“Para peserta jika hasilnya baik setelah selesai mendapat ilmu keterampilan menjahit dapat mengikuti pelatihan tingkat lanjut lagi, sehingga diharapkan para peserta ini dapat mengikut pelatihan dengan sebaik baiknya karena semua telah difasilitasi oleh Kabupaten Sleman. Di tahun 2023 diusulkan untuk pelatihan Tata Rias sehingga bagi masyarakat condongcatur yang ingin mengikutinya dapat mulai mempersiapkan dan berkoordinasi dengan bidang Ulu-ulu untuk pendaftaran peserta pelatihan,” kata Reno. (Wasana/KIM Depok)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts