BPD Pakem Harmoni, Amanah, dan Pantang Menyerah

Pakem – Kecamatan Pakem menyelenggarakan pelantikan Badan Permusyawaratan Desa atau BPD untuk seluruh desa di Kecamatan Pakem, Rabu (2/1/2020).

Dalam acara ini terjadi pergantian anggota BPD lama dari periode 2013-2019 dan peresmian 39 orang anggota BPD baru yang akan mengabdi pada periode 2020–2026. Beberapa anggota BPD terlantik tersebut terdiri dari perwakilan Desa Purwobinangun sejumlah 9 orang, Desa Hargobinangun 9 orang, Desa Harjobinangun seumlah 7 orang, Desa Candibinangun 7 orang, dan Desa Pakembinangun sejumlah 7 orang.

Suyanto selaku Camat Pakem mengucapkan terimakasih kepada BPD periode 2013-2019 yang telah berjuang selama 6 tahun ini. Lebih lanjut Suyanto memaparkan bahwa BPD adalah mitra kepala desa sesuai dengan Peraturan Bupati nomor 3 tahun 2019 tentang Badan Permusyawaratan Desa.

“BPD terlantik adalah orang-orang terpilih sebagai keterwakilan wilayah dan keterwakilan perempuan. BPD sebagai mitra kepala desa dalam membahas rancangan peraturan desa bersama kepala desa serta melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraaan pemerintahan desa,” papar Suyanto.

Dikatakannya, kehadiran BPD juga dapat dikatakan sebagai bentuk demokrasi desa yang lebih baik. “Oleh karena itu BPD harus bersifat proporsional dan profesional, serta menjaga keharmonisan dan bersinergi dengan pemerintahan desa untuk membuat pemerintahan desa yang maju,” lanjutnya.

Gayung bersambut, Sukamto, selaku wakil dari BPD memberikan pembekalan kepada para BPD terlantik, mengatakan bahwa BPD yang baru harus bisa memberikan harapan.

Kata harapan sendiri adalah akronim yang memiliki kepanjangan Harmoni, Amanah dan Pantang menyerah. “Artinya BPD terlantik harus menjaga keharmonisan antara BPD, dengan pemerintah desa, masyarakat, dan seluruh elemen terkait karena BPD adalah wakil aspirasi warga. Amanah dalam berjuang, dan pantang menyerah terhadap rintangan yang akan dihadapi karena abdi masyarakat itu harus akrab dengan saran kritik bahkan unek-unek masyarakat,” jelas Sukamto.

Acara ini diakhiri dengan penyerahan penghargaan khusus terhadap anggota BPD dengan usia tertua. (KIM Pakem/Asrori Wardan)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts