BUMDes Tridadi Makmur Mulai Hasilkan Laba

Sleman – BUMDes Tridadi Makmur yang salah satu unit usahanya adalah wahana wisata Puri Mataram di tahun 2019 ini telah mampu memberikan laba keuntungan (dividen) kepada Pemerintah Desa Tridadi sebesar Rp140 juta. BUMDes ini juga mampu memberikan dividen sebesar Rp320 ribu kepada warga yang menanam saham sebasar Rp4 juta. Puri Mataram sendiri merupakan tempat wisata baru yang berdiri tahun 2017.

Keuntungan BUMDes ini dipaparkan oleh Kepala Desa Tridadi, Kabul Mudji Basuki di depan juri lomba perkembangan desa dan kelurahan (Epdeskel) tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Bappeda DIY, Kota Yogyakarta, Selasa (29/5/2019). Kabul Mudji Basuki memaparkan tentang penyelenggaraan pemerintah Desa Tridadi yang terletak di Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman dan segala inovasinya.

Pemaparan ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan setelah sebelumnya Desa Tridadi sudah diverifikasi lapangan oleh tim juri dari DIY pada Kamis, 23 Mei lalu. Verifikasi ini mencakup administrasi pemerintahan dan mencocokannya dengan kenyataan di lapangan, dengan titik sampel di Padukuhan Jaban dan wahana wisata Puri Mataram yang merupakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) milik Pemerintah Desa Tridadi.

Andalan Desa Tridadi dalam Lomba Epdeskel tahun 2019 ini adalah adanya inovasi rekayasa lingkungan  yang diwujudkan dalam bentuk BUMDes Tridadi Makmur. “BUMDes ini sekarang memiliki dua unit usaha,  yaitu pembibitan dan rental tanaman hias, khususnya Aglonema dan satu unit wisata yakni Puri Mataram,” imbuh Kepala Desa Tridadi, Kabul Mudji Basuki.

Selain itu Desa Tridadi juga memaparkan adanya rintisan dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan umum dengan memanfaatkan aplikasi berbasis android. Pemaparan dinilai berdasarkan penguasaan materi kepala desa 60%, ketepatan waktu pemaparan yg dibatasi maksimal 15 menit dengan bobot 15% dan kemampuan dalam menanggapi tanya jawab dewan juri sebesar 25%. (KIM Manggolo Purnomo/Sri Hartati)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts