Bumdes Usaha Mulia Jajaki Program Kemitraan Budi Daya Lobster Air Tawar

Bumdes Usaha Mulia Margomulyo adakan sosialisasi program Partnership Budi Daya Lobster Air Tawar bekerja sama dengan PT. Bibit Alam Sampoerna pada Jum’at (19/2/2021) di Balai Kalurahan Margomulyo, Seyegan, Sleman. Acara tersebut dihadiri oleh pengurus Bumdes, perangkat Kalurahan Margomulyo, dan para pelaku usaha perikanan.

Adi Handoyo, Marketing PT Bibit Alam Sampoerna dalam presentasinya memberikan penjelasan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan ketika ingin melakukan budi daya Lobster Air Tawar, seperti karakterisitiknya, siklus perkembangan, kategori ukuran, kapasitas telur yang dihasilkan indukan, warna telur dari minggu ke minggu, dan pakannya.

Selain itu, ia juga menjelaskan mengenai bentuk penawaran kerja sama yang ditawarkan oleh PT Bibit Alam Sampoerna. “Ada dua yaitu program cetak bibit lobster dan program pembesaran, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan kualitas unggul,” terangnya.

Periode kemitraannya menurut Adi akan berlangsung selama 1 tahun, dengan asumsi 4 kali panen dengan sistem bagi hasil panen. “Untuk fasilitasnya pada program cetak bibit adalah media budi daya, kebutuhan lobster, tenaga ahli pendamping, dan garansi keuntungan 100%,” tambah Adi.

Untuk menjadi mitra, Adi menyebutkan bisa dilakukan secara kelompok maupun perorangan, dengan biaya program per paketnya adalah sebesar Rp. 2.000.000, – (dua juta rupiah).

“Mitra tani akan mendapatkan 100 ekor bibit lobster, kolam terpal, air rator, pump filter, pakan dan nutrisi. Nanti bisa menjadi anggota juga dengan biaya administrasi sebesar 300 ribu rupiah,” jelasnya.

Adi juga memastikan bahwa kerja sama yang ditawarkan ini legal, dan dilakukan dengan profesional. “Calon mitra akan menandatangani kesepakatan kerja sama kontrak selama 1 tahun, bermaterai dan dinotariskan,” ujar Adi.

Untuk keuntungan, ia menambahkan bahwa mitra tani binaan akan mendapatkan pembagian hasil panen setiap 3 bulan sekali selama masa kontrak (4 jali panen) sebesar Rp 420.000, – per 3 bulan.

“Perusahaan juga memberi garansi 100 % untung, artinya segala resiko perusahaan yang menanggung, 100% garansi kematian, 100% udang kembali,” ungkapnya.

Sementara itu, Sutarto Agus Raharjo, Direktur Bumdes Usaha Mulia menyambut positif adanya program kerja sama ini. “Semoga ada kelompok yang mengambil paket program yang ditawarkan, baik program cetak bibit maupun program pembesaran lobster,” ujarnya.

Ia juga berharap dari marketing perusahaan untuk bersedia hadir sosialisasi di kelompok perikanan yang membutuhkan info kemitraan tersebut. (Sutarto Agus/KIM Seyegan)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts