Calon Kepala Desa Deklarasikan Pilkades yang Damai dan Berintegritas

Sleman – Jelang Pilkades serentak 29 Maret mendatang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sleman menyelenggarakan Ikrar Pilkades Damai dan Berintegritas yang diikuti para calon Kepala Desa se-Kabupaten Sleman pada hari Rabu (18/3/2020) di Gedung Serbaguna Sleman.

Acara ini diikuti sebanyak 293 orang, yang terdiri dari 160 calon kepala desa, 49 Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa, 49 Penanggungjawab Kepala Desa, 17 Camat, dan Kepala Perangkat Daerah terkait sebanyak 18 orang.

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan Pilkades kali ini merupakan Pilkades pertama yang akan dilaksanakan melalui metode e-voting.

“Ini merupakan Pilkades e-voting dengan jumlah TPS terbesar di Indonesia yakni 1.102 TPS dengan diikuti 49 desa, 160 calon kepala desa, dan 444.841 pemilih,” jelasnya.

Bupati Sleman mengimbau agar pemilih dan calon terpilih tetap bersikap bijak baik pada saat berlangsungnya Pilkades maupun pasca Pilkades supaya Pilkades berjalan aman, tertib, damai, dan berintegritas.

Sri Purnomo juga berharap mengingat pentingnya proses demokrasi ini, teknis pelaksanaan Pilkades e-voting ini dapat berjalan dengan lancar, aman, penuh kekeluargaan, dan demokratis.

“Tentunya menghasilkan pimpinan yang amanah,” imbuhnya.

Untuk mendukung kelancaran pelaksanaannya, Pilkades e-voting akan dibantu oleh 56 tim teknis utama dari staf perangkat daerah dan 1.220 tim teknis lapangan dari 7 perguruan tinggi DIY, yakni UGM, UMY, UPN, UII, UNY, UTY dan Universitas Amikom. (Rep Septyan)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts