Cegah Kenakalan Anak, Kalurahan Umbulharjo Gelar Pembinaan Forum Anak

Sebagai upaya pencegahan kenakalan anak dan pernikahan dini di masa pandemi, Pemerintah Kalurahan Umbulharjo bekerja sama dengan Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman mengadakan Pembinaan Forum Anak, pada selasa (1/6/2021) di Aula Kalurahan Umbulharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Pembinaan yang diikuti oleh perwakilan anak per Padukuhan di Kalurahan Umbulharjo ini menghadirkan Sumarni, Kepala Seksi Pemenuhan Hak Anak P3AP2KB Kabupaten Sleman sebagai Narasumber.

Sumarni pada kesempatan tersebut memberikan arahan mengenai pencegahan kenakalan anak dan pernikahan dini dimasa pandemi COIVD-19, serta hak-hak anak.

“Masa pandemi COVID-19 ini menjadi rawan terjadinya kenakalan anak dan pernikahan diri, yang mana anak lebih susah terarah dan lebih sering bermain berkumpul bersama teman-temannya yang membuat lepas dari pantauan orang tua,” ujar Sumarni.

Menurut Sumarmini, pernikahan dini dan kenakalan anak bisa dicegah dan diredam agar tidak terjadi. “Misalnya memberikan hak-hak anak dan memberikan pemahaman terhadap anak,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan perlunya membangun satgas perlindungan anak yang melibatkan partisipasi anak untuk mencegah terjadinya kenakalan anak.

“Hak-hak anak sendiri terdiri dari hak hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan, dan hak partisipasi,” tambah Sumarni.

Pembinaan Forum Anak sendiri dipimpin langsung oleh Lurah Umbulharjo, Suyatmi. Selain untuk memberikan pembinaan Forum Anak, kegiatan juga diadakan untuk memperingati hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni. (Nurul Istiqomah/KIM Cangkringan)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts