Cegah Stunting, Kalurahan Sinduharjo Gelar Penyuluhan Kesehatan

Tanpa disadari, stunting dapat disebabkan sejak anak berusia dini. Akibat ibu tidak memperhatikan pola makan sejak dini, anak akan kurang gizi sehingga beresiko besar terjadinya stunting.

Untuk mencegah terjadinya stunting tersebut, Puskeskal Sinduharjo bekerja sama dengan Puskesmas Ngaglik mengadakan Penyuluhan Kesehatan dan Pemberian Tablet Tambah Darah (Tablet FE) pada Minggu (11/4/2021), bertempat di Rumah Dukuh Banteng, Ismadi, yang berada di Kalurahan Sinduharjo, Kapanewon Ngaglik.

Rini Anggraheni, Bidan Kalurahan Sinduharjo menyebutkan penyuluhan yang dilakukan diikuti oleh 18 orang remaja putri. “Dari 18, ada 4 orang yang memerlukan penanganan lebih lanjut dan diharapkan bisa konsultasi di pelayanan kesehatan,” ujar Rini.

Pada kesempatan tersebut, Rini juga menggarisbawahi mengenai pentingnya dilakukan pemantauan sejak dini terhadap kesehatan remaja putri. Hal tersebut katanya untuk segera mengetahui resiko masalah yang terjadi terhadap remaja putri tersebut.

“Karena saat ini, banyak remaja pola makannya yang kurang terkontrol, karena adanya makanan siap saji sehingga asupan nutrisi yang dibutuhkan kurang. Sehingga apabila tidak berupah dapat berefek saat nanti menikah dan punya anak bisa stunting,” jelas Rini.

Pelaksanaan penyuluhan sendiri akan diadakan di 17 Padukuhan di Kalurahan Sinduharjo sebagai upaya untuk terbebas dari masalah stunting yang saat ini dinilai tinggi. (KIM Ngaglik/SPN)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts