Condongcatur Gelar Rakor Persiapan Monev Kampung KB

Sleman – Kalurahan Condongcatur menggelar rapat koordinasi Program Bangga Kencana dalam rangka mempersiapkan dan pematangangan monev Kampung Keluarga Berkualitas (KKB) tingkat DIY di Ruang Wacana Loka Kantor Kelurahan Condongcatur, Rabu (11/5/2022).

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, menyampaikan bahwa pelaksanaan monitoring dan evaluasi Kampung Keluarga Berkualitas (KKB) Condongcatur akan dilakukan pada minggu depan.

“Untuk itu diharapkan semua dapat dipersiapkan segala sesuatunya agar dapat maksimal hasilnya, Pemerintah Kalurahan Condongcatur melalui bagian Kamituwa akan mendukung untuk anggaranya, Pengurus Pokja Kampung KB agar selalu berkordinasi dengan lintas sektor untuk terus melakukan persiapan kegiatan Penguatan Kampung KB,” kata Reno.

Sementara Ketua Pokja Kampung KB, Novita Safitri menyampaikan bahwa pada tanggal 18 Mei 2022, Pokja Kampung KB akan menerima tim penguatan Kampung KB dari BKKBN Provinsi DIY. “Sehingga saat ini terus melakukan penyiapan Rumah Data Kependudukan yang berada di gedung PKK di sebelah timur Gedung Serbaguna Condongcatur, menyiapkan Kegiatan Poktan, dan Program Dashat dan melengkapi semua Indikator penilaian penguatan Kampung KB,” kata Novita.

Indikator yang harus dipersiapkan, lanjut Novita, di antaranya adalah Sekretariat Kampung KB, SK Pokja Kampung KB, Kepemilikan Poktan Kampung KB, Kepemilikan Rumah Dataku, Dukungan dari Kalurahan, Ketersediaan DASHAT, Regulasi/Kebijakan, Keterlibatan Lintas Sektor, Pelaksanaan Mekop Kampung KB, dan Penggunaan Data untuk Perencanaan.

Sementara itu, Penanggungjawab Program KB Kapanewon Depok, Siti Juwariyah, menyampaikan capaian CPR Kontrasepsi Modern di atas 40%, Persentase MKJP Kontrasepsi Mix di atas 22%, Unmet Need di bawah 9%, Partisipasi keluarga/remaja dalam kegiatan POKTAN di atas 20%.

Sedangkan Kabid P2KB Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman, Dwi Wihaharyanti mengatakan pihaknya mendukung penuh Pokja Kampung KB Condongcatur dalam kegiatan Monev Kampung Keluarga Berkualitas Condongcatur dan siap membantu apa yang dibutuhkan agar nantinya semua dapat sesuai dengan indikator dalam penilaian. (Wasana/KIM Depok)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts