Condongcatur, Pelopor Desa Bersih Narkoba di DIY

Depok – Desa Condongcatur merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Depok yang mempunyai karakteristik tersendiri, yakni sebagai tujuan pendidikan. Konsekuensinya adalah mobilitas penduduk sangat tinggi pun penduduk heterogen, bukan saja berbagai provinsi wilayah Indonesia tetapi juga dari manca negara.

Hal ini bisa berdampak baik pada tingginya angka kriminalitas maupun praktik-praktik peredaran dan penyalahgunaan narkotika.

Pernyataan ini dikatakan oleh Kepala BNN RI, Komjen Pol. Heru Winarko, saat memberikan sambutan pada acara Pencanangan Desa Bersih Narkoba dan Pengukuhan Satgas Anti Narkoba, Minggu (9/12/ 2018), di Balai Desa Condongcatur.

Sehubungan dengan kondisi itu, lanjut Kepala BNN RI ini, masyarakat harus memiliki ketahanan anti narkoba yang kuat. “Ini bisa tercipta bila berbagai elemen masyarakan dan lembaganya mempunyai misi dan visi yang sama terhadap upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Selain itu menjadikan P4GN sebagai salah satu program yang mendapat alokasi anggaran desa,” kata Heru.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Kepala BNNP DIY dan Bupati Sleman Sri Purnomo ini selain pencanangan Desa Condongcatur sebagai Desa Bersih Narkoba pertama di DIY, juga dikukuhkan Satgas Anti Narkoba serta pemberian Piagam Penghargaan.

Relawan Satgas Anti Narkoba yang dikukuhkan meliputi Satgas Pelajar, Satgas Perangkat Desa, Satgas Karang Taruna, Satgas ALGOJO (Antar Lintas Goweser Jogja), RCC (Relawan Concongcatur), GONAN (Condongcatur Anti Narkoba) dan Satgas Kelompok Seni Hadroh Irama Nada Al-Husna. (Trijack)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts