Cukupi Kebutuhan Darah, PCM Turi Rutin Gelar Donor Darah

Untuk memenuhi ketersediaan darah, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Turi menggelar acara donor darah pada Jumat (7/5/2021). Acara yang terselenggara atas kerja sama dengan PMI Sleman ini digelar di Gedung Dakwah PCM Ngablak Kabupaten Sleman.

Ketua penyelenggara kegiatab, Aris Suranto menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini memang rutin diadakan. Pada kesempatan ini merupakan penyelenggaraan yang ketujuh dan diikuti oleh 40 orang peserta.

“Justru di bulan ramadan kali ini lebih banyak pesertanya, mungkin untuk mendapatkan pahala yang berlipat untuk berbuat pahala di bulan ramadan pada 10 hari terakhir ini,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PCM Turi, Bambang Rahmanto menyampaikan bahwa donor darah ini merupakan suatu bentuk rasa syukur atas nikmat kesehatan yang telah diberikan. “Insyaallah akan memberikan manfaat bagi umat, terutama untuk diri pendonor, apalagi di bulan Ramadan ini. Monggo, akhiri Ramadan dengan aksi donor darah secara rutin berupa sedekah dengan darah yang dimiliki untun kemanfaatan umat,” ujarnya.

Sebelum mendonorkan darah, para peserta harus melewati serangkaian pemeriksaan kesehatan diantaranya pemeriksaan tekanan darah dan hemoglobin. Selain itu, darah didonasikan juga akan dilakukan “mini check” melalui pemeriksaan terhadap kandungan virus yang menular, seperti virus hepatitis B, C, dan Hiv. Para peserta juga akan diberikan Kartu Donor Darah PMI sebagai bukti data pendonor telah masuk ke database PMI Sleman. (Arief Hartanto)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts