Dandim Sleman Pimpin Upacara Hari Pahlawan

dandimSleman – Dandim Sleman Letkol Inf Bambang Kustiwa menjadi Irup dalam Upacara peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Sleman tahun 2015. Upacara dilaksanakan di Lapangan Pemkab Sleman, Selasa (10/11) dihadiri Penjabat Bupati Sleman, Kajari, Kapolres dan pejabat Sleman lainnya sementara peserta upacara terdiri dari PNS Pemkab Sleman, TNI POLRI serta Pelajar.

Dandim 0732 Sleman membacakan sambutan Bupati menyampaikan peringatan Hari Pahlawan tahun 2015 ini difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan, dan penghargaan dari nilai-nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan bernegara pada waktu kini dan akan datang.

Peringatan Hari Pahlawan tahun 2015 ini mengambil tema “Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku”. Makna dari tema tersebut adalah untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk ke dalam sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik.

Saat ini bangsa Indonesia masih menghadapi tantangan persatuan, keutuhan dan, produktifitas bangsa. Mulai dari terjadinya konflik intoleransi antar umat beragama, berkembangnya faham radikalisme, tawuran antar kampung maupun antar pelajar, maraknya penyalahgunaan narkoba, kekerasan terhadap anak dan perempuan dan sebagainya. Keadaan ini jauh dari apa yang dicita-citakan dan diperjuangkan oleh para pendiri bangsa yang telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia kepada kita semua.

Langkah besar para pendiri bangsa. Mereka telah mewariskan lima norma dan nilai- nilai yang kemudian menjadi Pancasila sebagai dasar negara, sebagai ideologi pemersatu bangsa, juga sebagai spirit kegotong-royongan dalam bermasyarakat dan bernegara. Langkah besar dan semangat kepahlawanan para pendiri bangsa itulah yang perlu di-diseminasikan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk memberikan penguatan semangat dalam menghadapi setiap tantangan dan ujian yang dihadapi negeri ini.

“Untuk itu marilah momentum ini kita jadikan satu langkah baru untuk membangun keyakinan dan optimisme kita sebagai warga bangsa untuk dijadikan landasan revolusi karakter bagi bangsa Indonesia menjadi negara maju dan bermartabat,” kata Dandim membacakan sambutan Bupati.

Sejalan dengan tema yang diusung dalam peringatan Hari Pahlawan kali ini bahwasanya penanaman jiwa kepahlawanan menjadi dasar yang mengantarkan pengaplikasian nilai-nilai kepahlawanan dalam seluruh aspek kehidupan. Begitu juga halnya bagi kita sebagai jajaran aparatur pemerintah yang diamanahi oleh Undang-Undang dan aturan dalam tata laksana kepemerintahan, dimana pelaksanaannya menjadi bentuk perjuangan pegawai sebagai aparatur pemerintah.

Usai upacara dilanjutkan dengan ziarah ke taman makam Pahlawan DR. Wahdin Sudiro Husodo Sleman dengan Irup Kapolres Sleman, AKBP Faried Zulkarnaen S.IK.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts