Depok Ajak Anak Terapkan Kebiasaan Cuci Tangan

Depok –  Puskesmas Depok 1, 2 dan 3 bekerja sama dengan IGTKI Kecamatan Depok memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia, Rabu (16/10/2019). Hadir pada kegiatan tersebut adalah Wakil Bupati Sleman, Forkompim Kecamatan Depok, Kepala Puskesmas Depok I, 2 dan 3, guru, serta siswa-siswi TK se-Kecamatan Depok.

Toto Suharto, S.KM., M.Kes selaku Kepala Puskesmas Depok III dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan hari cuci tangan sedunia diperingati sebagai upaya penanggulangan penyakit yang disebabkan dari bakteri seperti diare. Toto juga mengatakan 5 waktu penting  dalam mencuci tangan.

“Sebelum dan setelah makan, setelah BAB, sebelum memegang bayi dan balita, sebelum menyajikan makanan dan setelah bermain,” imbaunya.

Sementara itu, Abu Bakar, S.Sos., M.Si selaku Camat Depok menjelaskan, Hari Cuci Tangan Sedunia di Kecamatan Depok mengusung tema yaitu “Anak Sehat Dimulai dari Tangan Yang Bersih”.

“Tujuannya untuk mengajak dan memberikan contoh kepada semua anak-anak TK di Kecamatan Depok untuk berperilaku hidup sehat yaitu dengan melaksanakan mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun,” katanya.

Abu Bakar berharap dengan adanya Hari Cuci Tangan Sedunia ini anak-anak di Kecamatan Depok dapat mempraktekkan cuci tangan sehari-hari dan dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Senada dengan Abu Bakar, Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes, Wakil Bupati Sleman yang hadir juga menjelaskan bahwa cuci tangan, merupakan cara yang sederhana, mudah, murah dan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit.

“Sebab, ada beberapa penyakit penyebab kematian yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang benar, seperti penyakit Diare dan ISPA yang sering menjadi penyebab kematian anak-anak. Demikian juga penyakit Hepatitis dan Typhus,” papar Sri Muslimatun kepada anak-anak yang hadir.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan peragaan cuci tangan oleh anggota Saka Bakti Husada (SBH) Kecamatan Depok diikuti oleh seluruh audiens yang hadir. (Ardhitya Sejati)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts