Desa Bangunkerto Kini Lebih Mudah Urus Sertifikat Tanah

Turi – Suranto, narasumber dari BPN Sleman mengimbau masyarakat Desa Bangunkerto untuk tertib dalam administrasi pertanahan ini baik dalam pembuatan sertifikat maupun administrasi lainnya.

Hal ini disampaikannya dalam acara Sosialisasi Tertib Administrasi Pertanahan, kerjasama BPN kabupaten Sleman dengan Pemerintah Desa Bangunkerto, Senin (23/09/19).

“Banyak program layanan yang dibuat oleh BPN untuk mempermudah dalam pengurusan sertifikat, sertifikat bisa diurus sendiri ada pula yang secara kelompok untuk yang pengurusnya datang sendiri ada program pelayanan yang sehari jadi, ada pula program PTSL dan masih banyak program pelayanan pembuatan sertifikat,” bebernya.

Hal ini semua diungkap Suranto untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan dan pembuatan sertifikat tanah. Tentu menurutnya, informasi ini sangat penting untuk disosialisasikan ke semua warga baik melalui pemerintah Desa Bangunkerto maupun kepala dukuh sehingga informasi benar-benar bisa sampai ke masyarakat.

“Selain itu yang tak kalah penting adalah masyarakat dimohon untuk tertib untuk membayar pajak, biasanya kendala di masyarakat masih banyak wajib pajak yang belum mengurus surat pajaknya, banyak yang sudah punya sertifikat tapi nama wajib pajaknya masih atas nama pemilik lama, untuk itu pemerintah desa dimohon untuk menjembatani dalam pengurusan perubahan wajib pajak,” imbuh Suranto.

Imbauan ini dirasa penting mengingat 80% tanah di Bangunkerto telah bersertifikat. Meski demikian, disampaikan Sekretaris Desa Bangunkerto, Priyo Purnomo masih ada beberapa masalah pertanahan yang dialami warga Bangunkerto, seperti masalah jual beli yang sampai sekarang administrasinya belum terselesaikan dan tukar guling tanah warga dengan tanah milik kas desa pada zaman dahulu ada yang tidak diadministrasikan di desa.

“Bangunkerto telah mendapatkan program PTSL dari BPN selama tiga tahun berturut-turut dan hampir 500 bidang tanah milik warga di Bangunkerto sudah disertifikat,” tambahnya. (KIM Turi/Harman)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts