Desa Berkarakter, Antara Komitmen dan Implementasi

Seyegan – Bertempat di RM Muara Kapuas, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sleman mengadakan Pembinaan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) untuk 14 desa yang ditunjuk pada Rabu (16/10/2019). Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 75 peserta yang terdiri dari unsur PKK, LPMD, karang taruna, dan BPD.

Sungkawati Budi Rahayu, Kepala Seksi Penguatan Kelembagaan dan Kapasitas Masyarakat Dinas PMD Sleman pada kesempatan tersebut menagih komitmen desa dalam membentuk desa berkarakter.

“Tahun 2019 ini merupakan tahun implementasi desa berkarakter sehingga diharapkan desa dapat menampilkan karakter masing-masing dengan indikator,” ujar Sungka.

Ada 7 indikator sebagaimana tercantum dalam Perda no. 4/92 tentang Gerakan Pembangunan Desa Terpadu Sleman Sembada. Perda itu disampaikan Sungka sudah dituangkan dalam RPJMD tahun 2016-2021.

Dikatakannya lagi, pada tahun 2018, Bupati Sleman mengeluarkan Perbup no. 37.2/2018 tentang Desa Berkarakter.

“Untuk itulah diharapkan pada tahun 2019 ini sudah masuk tahapan implementasi. Namun kenyataannya belum ada satu desa pun yang mencanangkan sebagai desa berkarakter,” kata Sungka.

Sungka berharap, dengan menghadirkan LKD yang ada di desa ini, kegiatan yang ada kaitannya dengan desa berkarakter dapat dikawal dan diimplentasikan. (KIM Seyegan/Agus)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts