Desa Sinduadi Deklarasikan 5 Pilar STBM

Mlati – Deklarasi Desa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) digelar di Puskesmas Mlati I, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Jumat (22/11/2013). Pada kegiatan ini sekaligus memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55 ini, Puskesmas Mlati I menjadi penggerak dengan mengusung lima pilar STBM: stop buang air sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan, pengelolaan sampah, dan pengelolaan limbah cair. Kelima pilar ini dideklarasikan oleh Dukuh se-Desa Sinduadi.

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Camat Mlati, Kepala Puskesmas Mlati I, Kepala Desa Sinduadi diwakili Kasi Pelayanan, Dukuh se-Desa Sinduadi, kader PKK Desa Sinduadi dan Sendangadi, kader Posyandu Desa Sinduadi dan Desa Sendangadi.

Sementara itu Camat Mlati, Yakti Yudanto sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap ke depan masyarakat secara umum juga sadar akan pentingnya STBM ini.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dr. Joko Hastaryo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa harus ada implementasi nyata terkait dengan STBM. “Hal ini bertujuan untuk mengurangi penyebaran bakteri dan penyakit menular. Sebagai contoh penyakit yang dapat ditimbulkan di antaranya diare, tipus, dan Hepatitis A.” kata dr. Joko.

Selanjutnya dilakukan deklarasi STBM dengan 5 pilar oleh Dukuh se-Desa Sinduadi. Usai kegaiatan deklarasi, dilakukan penandatanganan deklarasi STBM oleh Kepala Dinas Kesehatan, Camat Mlati, Kepala Puskesmas Mlati I, Kepala Desa Sinduadi, dan Dukuh se-Desa Sinduadi.

Puncak kegiatan berupa seminar kesehatan. Materi yang diangkat adalah Persiapan Masa Tua Sehat dan Mandiri (Permata) dengan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) yang diikuti Dukuh, kader PKK, dan kader Posyandu.

Pembicara dalam seminar ini adalah Dr. dr. Probosusena, SpPD, Kger, Finasim, SE.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan kesehatan masyarakat dengan pola penyadaran akan pentingnya STBM.(KIM Mlati/Yoko)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts