Desa Sukoharjo Bina Kader PKK dengan Outbond

Ngaglik – Pemerintah Desa Sukoharjo melakukan pembinaan kader PKK Pedukuhan se-Desa Sukoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Pembinaan ini diselenggarakan melalui kegiatan outbound di Taman Wisata Tahura Bunder, Kabupaten Gunung Kidul , Sabtu (21/9/2019) .

Kegiatan outbound yang diikuti 100 orang pengurus TP PKK Desa dan Pedukuhan itu bertujuan untuk membangkitkan rasa kebersamaan, komunikasi, kekompakan dan komitmen pada seluruh kader PKK Desa. Setelah selesai rangkaian semua kegiatan pembinaan diharapkan kerjasama kader PKK di Desa Sukoharjo semakin mantap.

Memberikan sambutan saat kegiatan, Kepala Desa Sukoharjo, Hadi Subroto menyampaikan harapannya agar dengan diadakan pelatihan PKK Desa ini dapat menguatkan kekompakan dan kerjasama dalam mencapai tujuan. Kegiatan outbound diharapkannya dapat mengikat tali persaudaraan, kebersamaan, kekompakan, kerjasama, serta memberikan semangat baru bagi para kader PKK dalam menjalankan tugas membangun desa dari keluarga.

“Melalui pembinaan yang kita dapatkan, tentu tidak ada lagi sekat dan penghalang di antara kita. Kita anggota PKK bagaikan saudara harus saling bahu membahu, dalam mencapai tujuan mensejahterakan keluarga di Desa Sukoharjo,” tutur Hadi Subroto.

Ditambahkan Hadi Subronto, suksesnya PKK Desa juga adalah suksesnya PKK Pedukuhan. Maksudnya, PKK tingkat desa merupakan kepanjangan tangan dari PKK Pedukuhan yang merupakan ujung tombak sebagai mitra kerja pemerintah. “Berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan baik itu sekolah jumat, pengajian, dan lain-lain berjalan sesuai yang diharapkan sehingga membuat orang lain bertanya apa rahasia bisa mengumpulkan kader yang selalu aktif,” ujar Hadi Subroto.

Sementara Sri Lestari dari Kecamatan Ngaglik memberikan masukan bahwa 10 Peran PKK desa juga untuk menguatkan kewenangan desa dalam menuju desa yang mandiri dan sejahtera, salah satunya melalui peningkatan sumber daya manusia.

Sri Lestari menekankan, gerakan PKK adalah sebuah gerakan untuk mendukung program pemerintah, dengan sasaran keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat. Gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan, menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Acara pembinaan ini dilanjutkan dengan makan siang di Pantai Krakal yang diselingi dengan pembagian doorprize untuk kader PKK, tanya jawab berkaitan dengan kegiatan kader PKK, Posyandu, maupun kegiatan di wilayah masing-masing Padukuhan. (KIM Sukoharjo/Siti).

Print Friendly, PDF & Email

Related posts