Desa Sumberagung Terima Bantuan Rumah Burung Hantu

Burung HantuSleman – Kepala Desa Sumberagung Kecamatan Moyudan Sleman, Drs Duljiman mengatakan kegiatan intensif pengendalian hama tikus sudah dilakukan oleh warga Sumberagung sejak 2012 karena sudah 11 kali gagal panen akibat terserang hama tikus.

“Saat ini areal sawah seluas 440 hektar selayaknya memerlukan rumah burung hantu (Rubuha) sebanyak 220 buah. Saat ini baru terbangun 153 buah akan tetapi sudah banyak yang rusak dan yang masih berfungsi hanya 63 buah,” kata Duljiman disela-sela penyerahan bantuan rubuha dari Mirota Kampus di Balai desa Sumberagung Moyudan, Kamis (1/9).

Menurut Duljiman, Desa melalui APBDes tahun 2016 juga menganggarkan 30 buah. Penyerahan bantuan 4 buah Rubuha ditandai dengan penandatangan Berita acara Ketua Gapoktan Desa Sumberagung Surajiyo dan GM Mirota Kampus Elisa Isnaryati, disaksikan Wakil Bupati, Camat Moyudan dan Kades Sumberagung.

Selanjutnya rombongan menuju bulak Krandon untuk menyaksikan Rubuha dan secara simbolis melepas burung Hantu Jenis Ciko Alba yang makanannya khusus tikus.

Sementara Wakil Bupati Sleman, Dra Sri Muslimatun MKes mengatakan pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Sleman diupayakan untuk terus mampu memantapkan ketahanan pangan masyarakat, bahkan tetap mampu mewujudkan surplus pangan baik bahan pangan nabati maupun hewani.

Pada tahun 2015 produksi padi sawah meningkat dari 314 ribu ton menjadi 328 ribu ton atau naik 4,54% dibanding tahun 2014. Produksi tersebut dapat menghasilkan beras 207 ribu ton meningkat dari 198 ribu ton bila dibandingkan produksi tahun 2014.

“Surplus beras juga mengalami kenaikan  yaitu dari 108 ribu ton lebih tahun 2014 menjadi 115 ribu ton lebih di tahun 2015 atau naik sebesar 6,65%,” kata  Sri Muslimatun.

Dikatakan Sri Muslimatun dengan  bantuan rubuha yang diberikan kepada masyarakat ini merupakan salah satu wujud kepedulian pihak swasta kepada petani yang patut untuk dicontoh oleh para pengusaha lainnya.

Sri Muslimatun berharap bantuan rubuha dapat bermanfaat dan berkontribusi dalam upaya pemberantasan hama tikus yang selama ini masih menjadi ancaman serius pada tanaman padi. Semoga dengan adanya rubuha-rubuha baru ini burung hantu di tempat ini semakin nyaman dan berkembangbiak semakin banyak sehingga dapat menekan perkembangan hama tikus.

Kepada para petani agar bantuan rubuha ini dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik sehingga dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts