Digital Safety untuk Keamanan Privasi dan Data Internet

Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan literasi digital khususnya  penggunaan internet secara bijak dan sesuai dengan etika atau norma yang berlaku, tanpa membahayakan keamanan diri sendiri ataupun orang lain, maka Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyelenggarakan webinar dan diskusi secara online melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting, Jumat (9/7/2021) sore.

Kegiatan literasi digital khusus di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang mengambil tema ‘Menanamkan Nilai, Etika, dan Moral Dasar Bagi Kegiatan Anak Bangsa di Dunia Digital’ ini diikuti oleh pegiat Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, Pemerintah Daerah, Guru dan Orang Tua, Pelajar/Mahasiswa, Aparatur Sipil Negara, Anggota TNI-Polri, Petani, Nelayan, pelaku Usaha Mikro Kecil, masyarakat umum, serta Lembaga Swadaya Masyarakat dan Komunitas.

Webinar yang dipandu oleh Content Creator, Mafin Rizqi menghadirkan narasumber praktisi pendidikan, Adhi Wibowo yang memaparkan materi tentang Digital Safety yang membahas pentingnya internet sehat dan memahami fitur keamanan digital untuk melindungi privasi dan keamanan data, memahami aturan perlindungan data pribadi, tips dan trik menghindari penipuan digital, menghindari spamming dan hacking, serta Jenis-jenis penipuan di internet dan cara menghindarinya.

“Internet safety juga bisa diartikan sebagai konsep penggunaan internet secara bijak dan sesuai dengan etika atau norma yang berlaku, tanpa membahayakan keamanan diri sendiri ataupun orang lain,” jelas Adhi.

Menurutnya, beberapa hal yang dapat dilakukan masyarakat agar aman dalam menggunakan internet yakni tidak membocorkan data pribadi kepada pihak lain, membuat database data pribadi secara manual maupun  komputerisasi, tidak mengekspose data pribadi ke ranah publik baik online maupun offline, mengedukasi seluruh pihak tentang pentingnya data pribadi, serta memperbarui antivirus pada komputer maupun ponsel pribadi.

Di samping itu, penyelenggaraan kegiatan literasi digital di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan akal-pikirnya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar dampak negatif penggunaan internet. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Kapanewon Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts