Dinas Kominfo Wonosobo Pelajari Keterbukaan Informasi Publik di Sleman

Dinas Kominfo Kabupaten Sleman menerima kunjungan 40 orang dari Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo di Sleman Smartroom, Dinas Kominfo Kabupaten Sleman, Kamis, (28/11/2019) di.

Eko Suryantoro selaku Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo menyampaikan tujuan dari kunjungan tersebut adalah ingin melihat langsung dan mengetahui lebih lanjut tentang implementasi smartcity yang telah dilakukan di Kabupaten Sleman. “Kami dengar dan kami melihat bahwa Sleman itu luar biasa sekali, baik untuk pelaksanaan smartcity, keterbukaan informasinya, maupun inovasi-inovasi yang dilakukan sehingga kami ingin langsung hadir ke Sleman untuk studi komparasi, mencari referensi sebagai penyemangat bagi teman-teman di Wonosobo agar nantinya bisa meningkatkan prestasi,” ungkapnya.

Noor Hidayati selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik memberikan pemaparan bahwa Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Kabupaten Sleman merupakan implementasi dari salah satu 6 pilar smartcity yaitu smart governance. Sesuai dengan peraturan Bupati Sleman Nomor 9 tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi Publik, maka PPID membuat DIP (daftar informasi publik) dan DIK (daftar informasi yang dikecualikan).

PPID dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dibantu oleh PPID Pembantu dan sekretariat PPID. Agar pola kerja birokrasi menjadi lebih responsif dan aktif, pada tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Sleman mengembangkan inovasi pelayanan publik di bidang informasi dengan e-PPID. Aplikasi tersebut disediakan untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan permohonan informasi secara online.

E-PPID tersebut juga bisa dipantau oleh PPID utama maupun PPID pembantu sehingga memudahkan dalam koordinasi serta perekapan laporan permohonan informasi yang ada di setiap hari, bulan, dan tahun.”Pemantauan E-PPID ini bisa dilakukan oleh kami (Dinas Kominfo) dan semua PPID pembantu. Kami ada grup WA agar  selalu mengingatkan, setiap minggu akan diumumkan rekapitulasi permohonan informasi yang belum dijawab,” jelasnya.

Apabila ada permohonan yang belum dijawab, PPID utama akan memberikan rambu-rambu warna kuning untuk jangka waktu 5 hari dan warna merah jika sampai jangka waktu 10 hari tidak ada tindak lanjut dari OPD terkait.(Rep Anis)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts