Dinas Pertaru Sleman Tinjau Pilar Batas Desa

Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Pertaru) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta tinjau 50 titik pembangunan pilar batas desa, Senin (20/7/2020). Kegiatan ini merupakan tahap awal penegasan kembali pilar batas desa agar sesuai dengan peta desa lama. Peninjauan hari pertama dimulai dengan pengukuran 6 titik di sekitaran lokasi PT Primisima yang mencakup 3 desa yakni Desa Caturharjo, Desa Triharjo, dan Desa Trimulyo.

Peninjauan Lapangan Pilar Batas Desa rencananya akan dilaksanakan mulai Senin (20/7/2020) hingga Rabu (5/8/2020). Kegiatan ini merupakan program dari Pemerintah Provinsi, yang kemudian dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman. Program pemasangan pilar batas desa ditargetkan rampung bulan Desember dengan biaya dari dana keistimewaan.

“Pilar sebagai penanda batas untuk menentukan batas administrasi suatu wilayah, yang berimbas pada pengelolaan dan kewenangan. Peninjauan ini mengacu pada peta desa lama,” ungkap Nurtakwa, Kepala Seksi Data dan Informasi, Dinas Pertaru Sleman.

Dinas Pertaru Sleman menjadwalkan setelah pengukuran titik koordinat ini selesai, dilanjutkan pemasangan pilar batas desa, kemudian penandatangan berita acara, lalu dilanjutkan monitoring dan evaluasi pemasangan pilar oleh tim dari Dinas Pertaru bersama Pemerintah Kabupaten Sleman dan instansi terkait.

Mustadi, Camat Sleman sangat mendukung program ini. Mustadi berpendapat bahwa batas wilayah memang harus diketahui secara pasti karena pilar batas desa berkaitan erat dengan aset pemerintahan desa. (Rep Tia)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts