Dinas SDAEN Berencana Menambah 2 Pangkalan Gas LPG 3 Kg

Sleman – Dinas Sumber Daya Alam Energi dan Mineral (SDAEM) berencana menambah pangkalan gas LPG 3 Kg di dua desa di Kecamatan Prambanan yaitu Desa Wukirharjo dan Sambirejo. Hal tersebut dikarenakan kedua Desa tersebut belum memiliki pangkalan LPG 3 Kg.

“Elpiji 3 kilogram itu sama halnya dengan premium. Sebagai barang bersubdisi harusnya tidak boleh dijual secara eceran. Itu juga sesuai dengan Peraturan Pemerintah (Permen). Namun kenyataan di lapangan, banyak dijumpai pengecer gas 3 kilogram maupun premium,” kata Kabid Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dinas SDAEM Sleman, Fauzan Darmadi, Kamis (22/1).

Keluhan konsumen terkait mahalnya gas 3 kilogram, dikarenakan selama ini mata rantai peredaran memang cukup panjang. Mulai dari pertamina, agen, pangkalan, pengecer baru ke masyarakat. Padahal pemerintah sendiri pengawasannya hanya sampai pangkalan. Setelahnya pemerintah sudah tidak dapat berbuat banyak. Termasuk ketika harga gas 3 kilogram terkesan tak terkendali.

Pengecer maupun pemilik warung yang menjual gas 3 kilogram, memang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sebab untuk membeli ke pangkalan juga jaraknya terbilang jauh. Selain itu ketika hendak membeli ke pangkalan seringnya barang sudah habis karena sudah diambil oleh pengecer. Padahal dengan membeli langsung ke pangkalan, harganya sudah diatur oleh pemerintah sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). Selain itu pangkalan juga wajib memenuhi kebutuhan dari masyarakat sekitar.

“Sudah kita ajukan. Rencanya Februari akan ditambah. Terutama di Desa Wukirharjo dan Sambirejo Kecamatan Prambanan. Sebab idealnya dalam satu padukuhan itu minimal ada satu pangkalan. Namun selama ini tidak. Ada yang satu padukuhan tidak ada pangkalan sama sekali. Tapi ada juga yang dalam satu padukuhan ada lebih dari dua pangkalan. Contohnya di Kecamatan Depok,” jelas Fauzan.

Di Kabupaten Sleman memiliki 86 desa dan 1.212 padukuhan. Sedangkan pangkalannya sendiri ada 1.449 dengan pesebaran yang tidak merata.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts