Disbudpar Upayakan Ruang Berekpresi Bagi Seniman

Sleman – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman terus berupaya mencukupi kebutuhan ruang berekspresi bagi para seniman di Kabupaten Sleman. Demikian disampaikan Kepala Disbudpar Sleman, Ir AA Ayu Laksmidewi TP MM kepada wartawan di Sleman, Jumat (22/5). 

Menurut Ayu hal ini dilakukan karena para pelaku seni dan budaya di Kabupaten Sleman saat ini terkendala ruang untuk berekspresi. Kondisi berakibat  pada kurang berkembangnya kegiatan seni di Kabupaten Sleman.

“Saat ini kita  terus mengupayakan tercukupinya kebutuhan ruang berekspresi bagi para seniman di Sleman,” kata Ayu didampingi Sekretaris Disbudpar, Dra Endah Sri Widiastuti.

Salah satu cara yang dilakukan adalah  dengan memperbanyak pertunjukan seni di kantong-kantong wisata dan budaya yang tersebar di 17 kecamatan. Kantong wisata dan budaya yang dimaksud diantaranya adalah desa wisata. Menurutnya desa wisata merupakan lokasi yang ideal untuk mengembangkan kreatifitas seni dan budaya. Apalagi potensi kesenian dan budaya di Sleman sangat besar, namun diperlukan fasilitas untuk menyalurkan kreatifitas dari pelakunya.

“Kami melihat kebutuhan para pelaku seni adalah ruang untuk berekspresi, untuk itu perlu disediakan agar tidak terhenti kreatifitasnya,” tutur Ayu.

Dengan disediakannya ruang berekspresi tersebut, lanjut  Ayu, keberadaan seni dan budaya dapat menjadi obyek wisata yang dapat ditawarkan oleh Disbudpar Sleman. Hal ini mengingat Kabupaten Sleman hanya memiliki sedikit obyek wisata alam. Berbeda dengan Kabupaten Gunungkidul misalnya yang punya obyek wisata alam yang banyak, sehingga banyak yang tertarik. Sedangkan Sleman, potensi yang bisa ditonjolkan adalah seni budayanya. Sehingga perlu dikemas secara kreatif.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts