Dishubkominfo Sleman Siapkan Tempat Istirahat Pemudik

Sleman – Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Sleman menyediakan “rest area” atau tempat istirahat khusus untuk pemudik Lebaran 2015, terutama yang mengendarai sepeda motor.

“Pemudik saat melewati Kabupaten Sleman melalui Jalan Solo dapat beristirat di Jembatan Timbang Kalitirto, Kecamatan Berbah atau di Jalan Solo Kilometer 11 dan di Jembatan Timbang Tamanmartani, Kalasan,” kata Kepala Dishubkominfo Kabupaten Sleman, Drs Agoes Soesilo Endiarto MSi, Rabu (15/7).

Menurut Agoes, pihaknya sengaja menyiapkan tempat isrtirahat bagi pemudik sepeda motor agar para pemudik dapat beristirahat dengan nyaman, sehingga dapat mengurangi kelelahan yang dapat berisiko terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Bila mereka lelah, sangat berbahaya untuk melanjutkan perjalanan. Sehingga kami menyediakan tempat istirahat, di tempat tersebut kami juga akan menjalin kerja sama dengan pihak-pihak lain,” tuturnya.

Agoes menambahkan  walaupun sudah diimbau agar tidak mudik menggunakan sepeda motor, namun diperkirakan pemudik yang menggunakan sepeda motor pada Lebaran tahun ini tetap banyak seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Sebenarnya mudik menggunakan sepeda motor juga aman-aman saja sepanjang mereka mematuhi peraturan yang ada. Tapi, pada kenyataannya para pemudik ini banyak yang melanggar peraturan seperti mengendarai sepeda motor dengan penumpang lebih dari dua orang, sampai mengangkut sedemikan banyak barang dan membahayakan keseimbangan pengendara,” katanya.

Agoes mengatakan, pihaknya berusaha semaksimal mungkin membantu para pemudik bermotor, setidaknya dengan memberikan kenyamanan saat mereka melewati Kabupaten Sleman.

“Tujuan kami adalah memberikan pelayanan dan menciptakan keamanan dan keselamtan bagi para pemudik yang masuk ke wilayah Sleman, kami harapkan pemudik sepeda motor yang merasa lelah atau mengantuk dapat beristirahat dan memanfaatkan tempat yang sudah kami sediakan,” tutur Agoes.

Diungkapkan Agoes,  pihaknya juga terus melakukan monitoring lampu penerangan jalan umum (LPJU) di seluruh ruas jalan di Kabupaten Sleman.

“Kami juga melakukan `monitoring traffic light` di jalan-jalan utama seperti simpang empat Denggung di Jalan Magelang, simpang empat Beran Jalan Magelang, simpang empat Syantikara Jalan Kolombo, simpang tiga Kolombo Jalan Affandi dan simpang empat Pamungkas Jalan Kaliurang,” paparnya.

Selain itu, kata Agoes, pada libur Lebaran ini, pihaknya juga melakukan pengawasan dan pengendalian lalu lintas di tempat wisata seperti Kaliurang, Pakem, lereng Merapi di Cangkringan, Monumen Jogja Kembali dan Candi Prambanan.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts