Dispora Sleman Gelar Pelatihan Dekorasi Manten bagi Pemuda Margodadi

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sleman mengadakan pelatihan Dekorasi Manten Bagi Pemuda di Balai Kalurahan Margodadi, Kapanewon Seyegan. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari yaitu Kamis (20/5/2021), Jumat (21/5/2021), dan Senin (24/5/2021) tersebut diikuti oleh 25 peserta dari perwakilan Karang Taruna Dusun yang berada di Kalurahan Margodadi.

Panewu Seyegan, Budi Pramono yang membuka kegiatan pelatihan menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan realisasi salah satu usulan dari Musrenbang Kapanewon Seyegan, yang terdapat dalam Pagu Usulan Partisipasi Masyarakat (PUPM), sehingga dasarnya adalah kebutuhan.

“Artinya dengan kegiatan yang diusulkan tersebut bagaimana kita mengasah jiwa kewirausahaan sehingga pasca pelatihan diharapkan ada tumbuh jiwa entrepreneur untuk memasuki dunia industri,” ujar Budi.

Keterampilan yang didapat dari pelatihan yang diadakan menurut Budi dapat dimanfaatka untuk membantu orang lain.

Sementara itu, Kepala Dispora Kabupaten Sleman, Agung Armawanta yang datang pada acara pelatihan berharap para peserta dapat mengambil dan menularkan ilmu yang didapat dari pelatihan yang diadakan, sebagai seorang profesional.

“Karena untuk menjadi profesional tidak harus menguasai banyak hal, tapi cukup satu atau dua hal yang dikuasai dengan baik,” ungkap Agung.

Pelatihan sendiri menghadirkan dua narasumber dari penyuluh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, yaitu Marsaid dan Wayan Putu Sari.

Materi yang disampaikan juga beragam, seperti mengenal berbagai macam dekorasi mantn, dan praktik pembuatan penjor, pajagen, kembar mayang, dan tarub.

Terakhir, narasumber juga memberikan evaluasi terhadap hasil dari hasil karya para peserta pelatihan. (Sutarto Agus/KIM Seyegan)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts