Doa Lintas Agama dari Sleman untuk Indonesia

Sleman – Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap tingginya angka korban pandemi COVID-19, Kementerian Agama Kabupaten Sleman menggelar kegiatan Doa Bersama Lintas Agama pada Senin (19/7/2021). Kegiatan dilakukan secara virtual dari Sleman Smart Room Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman memanfaatkan aplikasi Zoom Meeting, dan juga kanal Youtube Kemenag Sleman.

Kepala Kantor Kementerian Agama Sleman, Sidik Pramono menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu ikhtiar yang dilakukan dalam menyikapi peningkatan kasus COVID-19 di Kabupaten Sleman.

“Pada hari ini kita mengadakan Doa Lintas Agama sebagai bentuk ikhtiar batiniah dengan tujuan untuk mendoakan para korban COVID-19,” ungkap Sidik.

Sidik mengatakan bahwa doa bersama ini dilakukan secara lintas Agama, baik dari Agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Hal tersebut kata Sidik, perlu dilakukan karena pandemi berdampak keseluruh umat beragama.

“Hal ini menggambarkan bahwa pandemi COVID-19 ini merupakan wabah dan musibah yang dapat menimpa semua orang tanpa membedakan keyakinan,” ujar Sidik.

Sehingga, lanjut Sidik, dalam penanganannya dibutuhkan kesadaran dan perhatian seluruh umat beragama untuk bersinergi bersama agar pandemi ini dapat segera berakhir.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyatakan bahwa kegiatan Doa Lintas Agama ini merupakan upaya spriritual yang dilakukan untuk menghadapi pandemi COVID-19 di tengah upaya lainnya yang dilakukan seperti vaksinasi, penerapan prokes, dan PPKM Darurat.

“Doa bersama yang kita lakukan ini merupakan upaya untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar semua upaya kita dalam menghadapi pandemi ini dapat memberikan hasil yang optimal,” ujar Kustini.

Dengan berdoa, lanjut Kustini, kita dapat menguatkan spiritualisme, optimisme, keyakinan dan harapan kita dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini, sehingga nantinya kondisi dapat kembali normal.

“Doa bersama ini dilandasi karena adanya spirit empati yang sama, dan bergerak atas nama kemanusiaan untuk membangun kekuatan bersama dalam menanggulangi pandemi COVID-19 ini,” tambah Kustini.

Doa Bersama Lintas Agama yang mengambil hashtag #PRAYFROMHOME Langitkan Doa dari Sleman untuk Indonesia ini dipimpin langsung oleh tokoh-tokoh agama yang berada di Kabupaten Sleman. Untuk Agama Islam, doa dipimpin oleh KH. Syakir Ali dari MUI Kabupaten Sleman. Untuk Agama Katolik, doa dipimpin oleh Vikep DIY Romo Adrianus Maradio PR, dan doa Agama Kristen dipimpin oleh Pendeta Haru Sumbodo dari BKGK Kabupaten Sleman.

Untuk doa Agama Hindu dipimpin oleh Alit Mertiyasa dari Persada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Sleman, dan untuk Agama Budha dipimpin oleh Hasto Bramantyo dari Persatuan Umat Budha Kabupaten Sleman. Sementara doa Agama Konghucu dipimpin oleh WS Aji Chandra dari Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia DIY.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts