DPRD DIY Apresiasi Pengembangan Holtikultura di Turi

Sebanyak 50 warga Turi yang tergabung dalam Kelompok Tani Mitra Agro Melodi Pojayan Wonokerto, Kelompok Wanita Tani Subur Gondang Donokerto, serta Warga Tani Muhammadiyah Turi di tengah kondisi pandemi Covid-19 terus bergerak melakukan kegiatan bertani holtikultura dengan mendayagunakan lahan pekarangan. Ini merupakan bentuk ketahanan pangan warga dengan memenuhi kebutuhan pangan secara swasembada.

Hanum Rais, Anggota DPRD DIY yang melihat kesungguhan para petani di Turi ini memberikan apresiasinya.

“Pandemi tidaklah membuat kita terpaku tanpa berupaya agar bisa bertahan hidup secara mandiri, bapak-dan ibu sekalian adalah pejuang kehidupan sejati terutama untuk menjaga ketahanan pangan baik secara keluarga maupun kelompok serta masyarakat,“ ujarnya di sela kegiatan Bimbingan Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Budidaya Tanaman Holtikultura oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Jumat (23/10/2020) di Joglo Surantanan, Gondang 01, Donokerto, Turi.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan materi oleh Mardiyah dan Agung Abdillah selaku Seksi Produksi Holtikutura.

Diyah menyampaikan bahwa berbagai kebijakanPemerintah Provinsi DIY menyesuaikan dengan kenormalan baru agar ekonomi masyarakat tetap tumbuh di tengah pandemi Covid-19.

“Dengan budidaya holtikultura berupa sayuran ini, masyarakat dapat mengisi kesibukan dengan kegiatan positif juga untuk ketahanan pangan keluarga melalui hasil pekarangan untuk pemenuhan gizi dan vitamin dan juga hiburan agar menumbuhkan semangat,” jelas Diyah.

Aris Suranto selaku Pembina Kelompok Tani menyampaikan terima kasih atas bantuan berupa bibit, pupuk, dan sarana pertaniannya lainnya.

“Harapannya semangat warga semakin terpacu dan bisa menjadi tambahan pemasukan dan kebutuhan pangan bisa dicukupi masing-masing,” ujarnya. (Arief Hartanto)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts