Dua Arca Kuno Ditemukan di Ngemplak

Ngemplak – Operator ekskavator yang sedang membuat galian untuk pembuangan limbah kotoran sapi menemukan dua arca kuno dari batu andesit di Dusun Kalijeruk, Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Selain dua arca itu, di sekitar lokasi penggalian juga ditemukan struktur batu candi berupa susunan batu-batu kotak persegi panjang.

Kedua arca yang ditemukan diidentifikasi sebagai Arca Nandi dan Arca Agastya, yang secara umum kondisinya masih bagus dan bentuknya masih terlihat jelas. Arca Agastya berukuran 70 cm, dengan kondisi tangan kanan arca hilang, tapi secara umum masih bagus. Sedangkan arca Nandi sedikit lebih kecil, berukuran 63 cm dan kondisinya telinga kanan hilang.

Begitu ditemukan Selasa (28/1/2020) siang, kedua arca ini langsung dievakuasi oleh Polsek Ngemplak pada hari itu juga. Sedangkan di lokasi penemuannya dipasang garis kuning.

Aiptu Winarto, petugas di loket pelayanan Polsek Ngemplak memberikan keterangan. Warga di sekita lokasi sudah lama mengetahui ada susunan bebatuan yang mirip struktur candi. “Menurut informasi dulu pemilik di situ, dulu memang pernah saat akan penggarapan tanah ditemukan batu sejenis itu, namun karena masyarakat mungkin tidak begitu paham itu batu apa. Setelah ditemukan dua arca itu baru (paham), dan akan ditindaklanjuti Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB),” ujar Aiptu Winarto saat ditemui di Polsek Ngemplak, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Rabu (29/1/2020).

Aiptu Winarto menambahkan untuk pekerjaan galian pembuangan limbah kotoran sapi boleh dilanjutkan, karena setelah diselidiki BPCB kemungkinan sudah tidak ada arca lagi. Sedangkan struktur batu candi berupa susunan batu kotak persegi panjang yang ada di dekat lokasi penemuan arca dinyatakan tidak boleh dibongkar dan akan diselidiki lebih lanjut oleh BPCB.

 “Arca itu ditemukan di kedalaman 1 meter, sedangkan sekarang galiannya sudah lebih dalam jadi diindikasikan sudah tidak ada lagi. Namun kalau ada, dimohon untuk segera melaporkan,” tutup Aiptu Winarto.

Oleh Polsek Ngemplak, temuan arca saat ini sudah diserahterimakan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta untuk dikaji apakah termasuk dalam benda cagar budaya atau bukan.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts