Evaluasi Lomba Kalpataru Kategori Perintis Lingkungan tingkat Kabupaten Sleman

Turi – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman mengadakan Lomba Kalpataru Lingkungan Hidup kategori perintis lingkungan, Selasa (14/3) di Dusun Wonosari Bangunkerto Turi. Lomba yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB ini diikuti 9 peserta untuk kategori perintis lingkungan dari beberapa kecamatan di Kabupaten Sleman. Salah satu peserta lomba ini berasal dari Kecamatan Turi yang diwakili oleh Suharman dari Dusun Wonosari Bangunkerto Turi.

Kecamatan Turi mengajukan Suharman untuk maju Lomba Kalpataru tingkat Kabupaten dikarenakan sejak tahun 2000 sampai sekarang memiliki capaian dan hasil yang nyata dalam membangun Dusun Wonosari, di antaranya adalah melakukan penghijauan di kanan kiri jalan sepanjang dua kilometer dengan ditanami 100 pohon mlinjo, 100 pohon jambu jamaika, dan 250 pohon pucuk merah. Selain itu, Suharman juga merintis pemanfaatan lahan pekarangan untuk ditanami toga, sayuran, dan buah-buahan sehingga semua halaman dan pekarangan rumah warga masyarakat menjadi bersih asri, indah, sejuk, dan nyaman. Pun, merintis pengelolaan sampah rumah tangga sehingga sekarang sudah tidak ada lagi sampah yang berserakan dan melakukan pelestarian sumber mata air dengan menanam pohon kluwih, sengon, dan aren di sekitar mata air. Semua kegiatan ini didukung dan dilaksanakan oleh seluruh warga masyarakat Dusun Wonosari. Adapun tim penilai lomba terdiri dari lima orang yaitu dari Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pertanian Kabupaten Sleman.

Acara dimulai dengan ucapan selamat datang dari Pemerintah Desa Bangunkerto, dilanjutkan pemaparan oleh Suharman dan dilanjutkan tinjauan lapangan. Setelah selesai evaluasi dilanjutkan dengan sambutan dari tim penilai yang diwakili oleh Mustika Dewi dari Dinas Lingkungan Hidup Sleman. Mustika dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan merasa terkesan dengan berbagai kegiatan yang telah dirintis oleh Suharman dan dilaksanakan oleh masyarakat Dusun Wonosari. “Meskipun masih ada sedikit yang perlu ditambah dan saya harap untuk terus ditingkatkan,” tutur Mustika. Di akhir sambutannya, Mustika berkata sampai jumpa lagi di Lomba Kalpataru kategori perintis lingkungan hidup tingkat provinsi. (Harman)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts