FKDM Gamping Utamakan Cegah Dini Konflik dan Pelihara Kondisi Damai

Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Tramtib) Pemerintah Kecamatan Gamping menginisiasi pertemuan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yang digelar di ruang rapat lantai II Kantor Camat Gamping, Kamis (20/2/2020).

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Camat Gamping, Trisno Sunardi dihadiri oleh Kepala Seksi Tramtib Kecamatan Gamping, Harley Benyamin, Ketua FKDM Kecamatan Gamping, Djoko Purwono, serta anggota FKDM sejumlah 30 0rang.

Bertindak sebagai narasumber kali ini, Adnan Iman Nurtjahjo yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua FKDM Kecamatan Gamping yang menyampaikan materi tentang struktur dan pola kerja FKDM di tingkat kecamatan dan desa.

Dalam sambutan pembukanya, Trisno Sunardi berpesan kepada seluruh anggota FKDM untuk mewaspadai adanya konflik internal terutama menjelang pemilihan kepala desa yang akan dilaksanakan pada 29 Maret 2020 khususnya Desa Banyuraden dan Desa Balecatur. Pun, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman yang akan digelar pada 23 September 2020 mendatang.

Hal senada juga disampaikan oleh Adnan Iman Nurtjahjo, perlunya memahami makna Kewaspadaan Dini Masyarakat (KDM) yaitu kondisi kepekaan, kesiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya bencana, baik bencana perang, bencana alam, maupun bencana karena ulah manusia.

“Sedangkan yang dimaksud dengan konflik adalah perseteruan dan atau benturan fisik dengan kekerasan antara dua kelompok masyarakat atau lebih yang berlangsung dalam waktu tertentu dan berdampak luas yang mengakibatkan ketidakamanan dan desintegrasi sosial sehingga mengganggu stabilitas nasional dan menghambat pembangunan nasional seperti yang tertuang dalam pasal 1 ayat 1 Undang-undang Nomor 7 tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial,” tambah Adnan.

Adnan melanjutkan, guna pencegahan konflik dapat dilakukan dengan memelihara kondisi damai dalam masyarakat, mengembangkan sistem penyelesaian perselisihan secara damai, meredam potensi konflik, serta membangun sistem peringatan dini.

Di akhir pertemuan dilakukan diskusi berkaitan dengan tugas serta peran sebagai anggota FKDM tingkat kecamatan dan desa guna melakukan upaya cegah dini dan memetakan sumber konflik di masyarakat. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Kec Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts