Forum Anak Gamping Tingkatkan Kapasitas Public Speaking

Dalam rangka peningkatan kapasitas diri anak agar dapat berperan sebagai pelopor dan pelapor beberapa hal yang baik di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Sleman mengadakan pelatihan public speaking bagi pengurus dan anggota forum anak di wilayah Kecamatan Gamping, Minggu (19/1/2020).

Kegiatan berdurasi dua hari ini digelar di ruang rapat lantai II Kantor Kecamatan Gamping. Turut hadir dalam kegiatan Camat Gamping, Ikhsan Waluyo, Kepala Seksi Pemenuhan Hak Anak Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman, Sumarni, serta Kepala Seksi Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Gamping, Kartinah Eko Relawati.

Acara ini mengundang 60 orang pegiat forum anak di wilayah Kecamatan Gamping dengan narasumber Erina Chusnulita dari Era Life Skills Solutions. Adapun materinya berkaitan tentang bicara percaya diri, bicara sistematis, dan bicara berpengaruh.

“Untuk menjadikan Kabupaten Sleman sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA), pemerintah daerah wajib memfasilitasi terbentuknya forum partisipasi anak melalui Forum Anak yang merupakan representasi anak, baik representasi domisili geografis anak, komponen kelompok sosial budaya anak dan latar belakang pendidikan anak, serta mengakomodasi kepentingan anak berkebutuhan khusus. Forum Anak ini berfungsi sebagai wadah partisipasi anak sekaligus organisasi penegakan hak anak yakni mendapat perlindungan dan pemenuhan hak anak,” ungkap Sumarni.

Dalam paparannya, Erina menyampaikan bahwa sebagai personal perlu benahi diri sendiri dalam hal bersikap, berperilaku, dan berpenampilan sehingga saat berada di depan audiens bukan hanya sekadar polesan luar saja, tetapi inner aura (bagian dalam diri) akan terpancar keluar, kata-kata didengar dan mengandung energi yang positif.

“Percaya diri dapat dilakukan dengan cara Tatap, Senyum, dan Bicara. Selanjutnya, guna menambah percaya diri perlu melakukan persiapan, latihan, mengenal diri sendiri berkaitan dengan kelebihan unik yang dimiliki, berpikiran positif, dan merubah mindset. Yang paling penting adalah fokus pada kelebihan,” tutur Erina.

Pelatihan diakhiri dengan pemberian cinderamata dari Era Life Skills Solutions oleh Kepala Seksi Pemenuhan Hak Anak Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman kepada tiga peserta pelatihan yang telah melakukan presentasi dengan baik di hadapan mentor dan seluruh peserta. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Kec Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts